India Larang Ekspor Gandum, Jajan Roti hingga Mi Instan Bakal Lebih Mahal?

Senin, 16 Mei 2022 - 20:08 WIB
loading...
A A A


Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menjelaskan, justru yang saat ini masih menjadi pengaruh besar terhadap stok gandum dalam negeri adalah konflik Rusia - Ukraina. Mengingat, Ukraina menjadi negara kedua terbesar yang memasok gandum untuk dalam negeri.

"Itu juga yang menyebabkan harga gandum dunia loncat tinggi juga, apalagi Ukraina praktis tidak bisa mengekspor gandum," bebernya.

Dengan adanya konflik kedua negara tersebut, membuat India saat ini menjadi alternatif pemasok gandum untuk Indonesia.

"Negara ini kan tidak punya stok gandum, jadi tidak ada peran negara, jadi ini market yang bakal berperan," tukasnya.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menambahkan, larangan ekspor gandum bisa saja mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap produk olahan gandum, terutama ketika harga produk menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

"Harga barang-barang pangan yang berbahan baku gandum akan melonjak naik. Inflasi yang sekarang sudah meningkat kemungkinan akan melonjak lebih tinggi," ujarnya.



Sebagai informasi, alasan pemerintah India melarang ekspor gandum adalah bagian dari langkah-langkah negara tersebut untuk mengendalikan kenaikan harga di dalam negeri.

Meski demikian Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Directorate General of Foreign Trade/DGFT) Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Federal India menyatakan pemerintah bakal mengizinkan ekspor atas permintaan negara-negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3523 seconds (0.1#10.140)