4 Cara Bagaimana Perang Rusia Ukraina Bisa Menghancurkan Ekonomi Global

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:19 WIB
loading...
A A A
4. Pengiriman

Pandemi Covid telah menghancurkan jalur laut dunia, dan militerisme Rusia sekarang menyebabkan efek tambahan. Sekitar 11% dari tenaga kerja pengiriman global berasal dari Rusia, dengan 4% dari Ukraina.



Sanksi dan kemungkinan kewajiban masa perang dapat menyebabkan kekurangan pekerja dan memperburuk kemacetan pelabuhan di beberapa daerah. Sebagian besar Laut Hitam terlarang untuk pengiriman komersial, mengingat blokade Rusia di Ukraina dan keengganan perusahaan asuransi untuk menulis kebijakan ke rute di mana saja dekat zona perang.

Jalur masih mengirimkan barang-barang yang tidak disetujui masuk dan keluar dari Rusia, untuk memenuhi kontrak, tetapi sebagian besar mengindikasikan mereka akan menghentikan pengiriman setelah kontrak berakhir. Itu akan merugikan Rusia, dimana sebagian besar titik sanksi juga menyebabkan gangguan di tempat lain.

"Perang Rusia di Ukraina jelas tidak dapat diprediksi, dan itu bisa berakhir secara tak terduga jika seseorang menggulingkan Putin atau Ukraina mencetak serangkaian keberhasilan perang yang tampaknya di luar jangkauannya saat ini," ucap Rick Newman, kolomnis yang juga penulis empat buku, termasuk "Rebounders: Bagaimana Winners Pivot from Setback to Success."

Suatu hari nanti, pasar dapat menikmati reli bantuan raksasa karena jalan menuju perdamaian mulai terlihat. Tetapi sampai saat itu, kerusakan dalam ekonomi global kemungkinan akan menyebar ketika pertempuran di medan perang berlarut-larut. Dengan cara ini, perang Putin melawan Ukraina adalah perang melawan sebagian besar dunia.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6899 seconds (0.1#10.140)