Bicara Cuan, Milennial Diajak Berinvestasi Bijak untuk SDGs

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:13 WIB
loading...
A A A
“Kalau teman-teman banyak yang bertanya kenapa pemerintah hutang terus, karena kita harapkan adanya semakin besar kontribusi dari investor domestik. Kenapa kita sasar generasi muda? Karena harapannya milenial dari yang masih SMA atau kuliah, atau kerja, setelah mengetahui manfaat investasi, harapannya ke depan Indonesia bisa mendapat sumber pembiayaan jangka panjang dari domestik, tanpa tergantung dari investor asing. Jadi kita punya kemandirian dari sisi pembangunan,” ujarnya.

Deni menuturkan, catatan pihaknya menunjukkan bahwa ada 40% generasi milenial telah menjadi investor retail domestik di Indonesia. Bahkan, ada sekitar 1% dari Generasi Z, yakni siswa SMA, juga sudah mulai untuk berinvestasi.

“Kondisi sektor keuangan kita saat ini didominasi oleh perbankan, yang mana pengelolaan dananya jangka pendek. Sementara kita untuk pembangunan itu perlu dibiayai oleh sumber-sumber jangka panjang. Misal pembangunan jembatan, airport dan sarana lainnya, itu tentu membutuhkan waktu jangka panjang. Untuk itu pemerintah dalam pembiayaan ini tidak hanya kejar jumlah saja, tapi juga ingin mencoba kembangkan pasar keuangan,” ucapnya.



Pada #SDGTalks: Smart Investment for Smarter Generation juga turut hadir Mike Rini Sutikno, Financial Planner; Ni Putu Kurniasari, Chief Operating Bareksa; serta Arfan Arlanda, Chief Excecutive Officer Jejak.in.

Ketiganya mengatakan, generasi muda harus memastikan dan mengetahui bahwa investasi yang mereka pilih dapat digunakan untuk program-program yang kredibel, bisa dipertanggung jawabkan dan hasilnya dapat dirasakan. Selain itu, dalam pemilihan instrumen investasi juga harus disesuaikan dengan karakteristik pengguna.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)