Dari Batu Bara hingga Emas, Harta Karun Tanah Borneo Bakal Hantarkan RI jadi Negara Maju

Rabu, 25 Mei 2022 - 23:25 WIB
loading...
A A A
Proyek IDD yang terletak di Kutai Basin, lepas pantai Kalimantan Timur ini terdiri dari Lapangan Bangka, Gendalo Hub dan Gehem Hub.

Nantinya Bila Gendalo dan Gehem Hub ini beroperasi, maka diperkirakan bisa menghasilkan gas sebanyak 844 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 27.000 barel minyak per hari.

Melihat kekayaan sumber daya alam yang dimiliki, maka pemindahan Ibu Kota bukan hanya sekedar memindahkan pusat administrasi kenegaraan namun bakal menjadi titik kemajuan dari sebuah peradaban.

Terdapat banyak kekayaan sumber daya alam yang bakal dikelola bukan hanya oleh negara juga bersama mitra negara-negara di dunia.



Bahkan, dalam memperingati 1 abad atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah optimis di tahun 2045 Indonesia telah berhasil lolos dari negara berpenghasilan menengah atau middle income trap untuk menjadi negara maju.

Tanah Kalimantan bakal menjadi saksi bagaimana sebuah evolusi dari negara berkembang menuju negara maju. Namun, sudah barang tentu akan ada yang ‘digadaikan’, yaitu lingkungan.

Sebuah pulau yang dijuluki sebagai paru-paru dunia karena banyaknya hutan-hutan alami, ke depannya bakal menjadi poros pembangunan, baik infrastruktur maupun perekonomian.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)