Tips Memilih Aplikasi Akuntansi untuk UMKM

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:45 WIB
loading...
A A A
Fitur Akuntansi Apa yang Anda Butuhkan?
Software akuntansi menawarkan banyak fitur dan alat untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda. Tentunya ini harus memenuhi kebutuhan bisnis Anda, membuatnya mudah untuk menyelesaikan tugas akuntansi rutin. Ini juga akan membantu Anda melihat gambaran besar tentang kinerja bisnis Anda.

Banyak pemilik bisnis mengatakan bahwa kemudahan penggunaan dan fitur penghemat waktu adalah dua hal teratas yang mereka cari dalam sebuah program.

Berikut adalah beberapa fitur yang harus dimiliki aplikasi atau software akuntansi untuk membantu Anda menghemat waktu dan mengelola keuangan Anda dengan lebih baik:

• Fitur Akuntansi Dasar
Sebagian besar bisnis kecil dapat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi yang menawarkan fungsi dasar seperti pembuatan faktur dan mengirimnya melalui email, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pembuatan laporan keuangan, dan manajemen pelanggan.

Namun, jika bisnis Anda menjual lebih dari beberapa produk, Anda juga perlu menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur mengelola inventory, mengelola vendor, dan membantu Anda dalam pemesanan pembelian.

Jika bisnis Anda menyediakan layanan, Anda harus memilih software yang memudahkan pelacakan waktu dan jam tagihan.

• Otomatisasi Penghemat Waktu
Beberapa aplikasi atau software akuntansi dapat diatur untuk secara otomatis mengirim faktur berulang dan pemberitahuan lewat jatuh tempo, menghemat waktu Anda dalam pembuatan faktur dan tugas piutang.

Anda juga dapat menghemat waktu untuk merekonsiliasi akun Anda dengan memeriksa transaksi yang cocok. Jika bisnis Anda memberikan penawaran atau perkiraan kepada pelanggan, cari program yang mengubah dokumen-dokumen ini menjadi faktur hanya dengan beberapa klik.

Jika bisnis Anda melakukan pengelolaan inventory dan stok, cari software yang mampu memesan ulang produk dengan secara otomatis membuat pesanan pembelian ketika barang turun di bawah ambang batas yang ditetapkan.

• Persiapan Pajak
Jadikan hidup Anda (dan kehidupan akuntan Anda) lebih mudah dengan aplikasi akuntansi yang membantu Anda dengan pajak dengan fitur seperti penghitungan pajak otomatis dan pelaporan pajak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)