Rusia Bisa Meniru Strategi Iran dalam Menghadapi Embargo Minyak Uni Eropa

Kamis, 09 Juni 2022 - 10:16 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar hal ini dapat dilakukan melalui infrastruktur ekspor minyak mentah Irak yang ada, termasuk kapal induk minyak mentah yang sangat besar yang dimuat di dalam dan di sekitar pusat ekspor selatan Basra.

Ini juga dapat dilakukan langsung ke Eropa selatan melalui pelabuhan Ceyhan Turki melalui pipa minyak mentah yang berjalan melalui wilayah Irak semi-otonom Kurdistan. Meskipun mengalami gangguan selama bertahun-tahun, ada juga rencana untuk jaringan pipa lebih lanjut dari Irak ke Yordania dan Suriah.

Di Eropa, minyak dengan harga diskon diyakini secara historis telah masuk ke beberapa pelabuhan yang kurang ketat di Eropa selatan termasuk pelabuhan Albania, Montenegro, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Makedonia, dan Kroasia. Dari sana, minyak dapat dengan mudah dipindahkan melintasi perbatasan ke konsumen minyak Eropa yang lebih besar, termasuk melalui Turki.

Untuk pengiriman ke Asia, metodologi yang dapat diandalkan diduga melibatkan Malaysia (dan pada tingkat yang lebih rendah Indonesia) dalam meneruskan ekspor minyak ke China, dengan kapal tanker pada akhirnya menuju China yang terlibat dalam transfer minyak Iran di laut atau di luar pelabuhan ke kapal tanker yang mengibarkan bendera lainnya.

Iran juga telah mampu menandai kembali kapal-kapalnya di bawah bendera Panama sampai AS mulai semangat menegakkan sanksi pengirimannya. Patut dicatat pada titik ini bahwa ada sejumlah kadar minyak mentah Rusia yang sangat dekat spesifikasinya dengan nilai yang sebanding di Iran dan juga Irak.

Memang, kesamaan spesifikasi antara minyak dari Rusia, Iran, dan Irak untuk waktu yang lama menjadi alasan utama mengapa semua kesepakatan kerja sama 10 tahun Rusia dengan Iran termasuk 'pemahaman' di pihak Teheran bahwa mereka tidak berusaha mengirim sejumlah besar minyak ringannya (atau gas, dalam hal ini) ke Eropa. Pasalnya hal ini akan menghambat aliran minyak mentah (dan gas) Rusia ke Eropa.

Poin kuncinya sekarang bagi Rusia terkait semuanya bukanlah jaringan penghindaran sanksi Iran untuk memindahkan minyak mentah ke China, Moskow telah membahasnya sendiri. Melainkan jaringan Iran untuk memindahkan minyak ke Eropa.

Menurut perkiraan UE sendiri, embargo diperkirakan akan mencapai sekitar 2,3 juta bpd impor minyak mentah Rusia dalam waktu enam bulan dan 1,2 juta bpd impor produk olahan lainnya pada akhir tahun.

Bagi Rusia, semua metode Iran yang ada untuk menghindari sanksi terbuka untuk ditiru. Termasuk yang hampir selalu berhasil yang melibatkan Irak dan ada tanda-tanda bahwa Irak mungkin dapat membuka lebih banyak rute langsung untuk minyak mentah yang seharusnya memulai perjalanannya dari Irak dan berakhir di Eropa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)