Harga Minyak Tinggi, Ekonom Desak Subsidi Lebih Tepat Sasaran

Senin, 27 Juni 2022 - 16:06 WIB
loading...
Harga Minyak Tinggi, Ekonom Desak Subsidi Lebih Tepat Sasaran
Mekanisme subsidi energi, termasuk subsidi pada solar, pertalite dan LPG 3 kg dinilai perlu diperbaiki agar lebih tepat sasaran. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah dan Pertamina hingga kini masih mempertahankan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan pertalite serta LPG 3 kg di tengah mahalnya harga minyak mentah global, yang kini berada di atas UD110 per barel. Sementara, sejumlah badan usaha penyalur BBM baik domestik maupun di luar negeri telah menaikkan harga jual BBM-nya mengikuti kenaikan harga minyak dunia.

Kebijakan pemerintah dan Pertamina untuk tetap menahan harga tersebut diapresiasi kalangan ekonom karena sangat membantu pemulihan konsumsi rumah tangga dan menjaga stabilitas inflasi. Namun, diakui pula bahwa kebijakan tersebut memiliki konsekuensi berupa meningkatnya beban subsidi energi dan kompensasi yang harus digelontorkan pemerintah, yang nilainya mencapai Rp500 triliun pada 2022. Terkait dengan itu, sejumlah ekonom mengatakan bahwa salah satu upaya menekan bengkaknya subsidi adalah dengan memastikan subsidi BBM dan LPG 3 kg tepat sasaran.



Peneliti dari Center of Economic and Law Studies (Celios)Bhima Yudhistira mengatakan, subsidi BBM dan LPG 3 kg berdampak positif terhadap konsumsi rumah tangga, khususnya kelompok 40% terbawah. Selama ini penduduk miskin dan rentan memanfaatkan subsidi BBM dan LPG sehingga terdapat disposable income yang digunakan untuk belanja kebutuhan lain.

“Kalau ada sisa belanja karena BBM-nya disubsidi, orang miskin bisa beli keperluan sekolah anak, misalnya. Ini sangat membantu menjaga daya beli terlebih saat ini ancaman dari kenaikan harga pangan terjadi," ujar Bhima di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Sana subsidi energi dan dana kompensasi sebesar Rp500 triliun tersebut menurutnya jelas tidak percuma. Ini sangat membantu konsumsi rumah tangga dan menjaga inflasi tak melonjak. "Bayangkan kalau harga Pertalite naik menjadi harga keekonomian di Rp14.000 per liter, yang pusing bukan hanya pemilik kendaraan bermotor tapi guncangan inflasi bisa melemahkan kurs rupiah dan membuat aliran modal keluar. Indonesia bisa terjun ke resesi ekonomi," cetusnya.

Namun, lanjut Bhima, pendistribusian subsidi ini tidak boleh serampangan. Menurutnya, perbaikan data demi memastikan penyaluran subsidi tepat sasaran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah. Bhima menegaskan, subsidi tepat sasaran kuncinya ada pada integrasi data kependudukan dengan data kendaraan. "Akhirnya sinkronisasi data ini yang sulit," tuturnya.

Senada, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menegaskan bahwa secara konsep subsidi seharusnya untuk membantu peningkatan daya beli masyarakat. Namun, kata dia, faktanya subsidi BBM tidak sepenuhnya tepat sasaran. "Karena yang disubsidi justru yang mampu, yaitu pemilik mobil," katanya.

Doktor ekonomi dari Universitas Trisakti yang menulis disertasi soal BBM dan LPG subsidi ini mengatakan, mekanisme yang dipilih dalam pemberian subsidi seharusnya menggunakan subsidi langsung sehingga tepat sasaran. Bahkan, Komaidi menilai penerapan subsidi langsung sangat memungkinkan karena masyarakat relatif siap. "Saya melihat kuncinya justru ada pada kesiapan pemerintah," ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)