Sri Mulyani Ogah Terlena: Tekanan dan Tantangan Inflasi Pangan Diwaspadai

Rabu, 06 Juli 2022 - 11:51 WIB
loading...
Sri Mulyani Ogah Terlena: Tekanan dan Tantangan Inflasi Pangan Diwaspadai
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan, pemerintah sedang mengupayakan keamanan dan ketahanan pangan di tengah situasi geopolitik yang masih memanas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, bahwa keamanan dan ketahanan pangan Indonesia terjaga. Pemerintah pun sedang mengupayakan keamanan dan ketahanan pangan di tengah situasi geopolitik yang masih memanas.

"Ini juga masih menjadi isu yang akan jadi perhatian di G20 karena menjadi sumber inflasi dunia," ujar Sri dalam Webinar Road to G20 - Securitization Summit 2022 Day 1 di Jakarta, Rabu (6/7/2022).



Dia bersyukur, bahwa Indonesia, dari sisi pangan, dalam tiga tahun terakhir dari produksi beras maupun produk komoditas bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga ekspor luar negeri.

"Namun ini tidak berarti kita terlena. Tekanan dan tantangan inflasi pangan harus kita waspadai," tambah Sri.



Mantan Direktur Bank Dunia itu juga menyoroti situasi beberapa negara yang sudah mengalami tekanan kenaikan harga pangan yang signifikan.

"Ini akan dibahas dan menjadi perhatian di forum G20, karena pangan menjadi sumber inflasi dunia dengan adanya perang di Ukraina yang menimbulkan dampak terhadap supply chain dan suplai dari makanan maupun dari pupuk," pungkas Sri Mulyani.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)