6 Juragan Bus yang Pernah Pegang Kekuasaan, Nomor 1-3 Ternyata Satu Keluarga!

Kamis, 14 Juli 2022 - 22:10 WIB
loading...
6 Juragan Bus yang Pernah Pegang Kekuasaan, Nomor 1-3 Ternyata Satu Keluarga!
Pengusaha bus punya modal kuat untuk ikut pilkada. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jadi pengusaha bus bisa "menyelam sambil minum air". Bisa cari cuan sekaligus ketenaran. Dengan kepemilikan ratusan bus yang melayani transportasi warga, mereka mudah mendulang pendapatan sekaligus dikenal.



Banyak duit dan kesohor adalah modal utama untuk mencari peruntungan mengenyam kekuasaan. Salah satunya turut andil dalam kontetasi pemilihan kepala daerah ( pilkada ). Makanya, sejumlah pengusaha bus pede masuk gelanggang pilkada, dan ndilalahnya banyak dari mereka yang terpilih. Bahkan tak cuma satu, tapi bisa "sekeluarga".

Berikut daftar pengusaha bus atau transportasi yang sukses menduduki tampuk kekuasaan di daerah.

1. Mukti Agung Wibowo adalah wakil bupati Pemalang, Jawa Tengah, yang menang pada Pilkada 2010 lalu. Dia adalah wakil dari Bupati Junaedi saat memenangi pilkada. Mukti Agung adalah anak dari Ismail dan Rokhayah yang merintis bisnis PO Dewi Sri. Mukti Agung pernah diserahi tugas sebagai direktur Dewi Sri.

2. Ikmal Jaya lahir di kota Tegal, Jawa Tengah, 14 Juli 1973, putra dari Ismail dan Rokhayah. Ikmal Jaya juga saudara kandung dari Mukti Agung Wibowo. Ikmal Jaya dikenal sebagai pengelola PO Dewi Sri yang sangat terkenal di seputar Brebes dan Tegal. Ikmal Jaya juga sukses mengelola bus angkutan Bumi Serpong Damai (BSD), Kemang Pratama, Lippo Karawachi, Bintaro Jaya dan Bukit Sentul yang menjadi embrio feeder Transjakarta. Ikmal Jaya menang pada Pilkada Kota Tegal 2008 lalu.

3. Idza Priyanti dilahirkan pada tanggal 9 Januari 1971 di Kota Tegal, Jawa Tengah. Dia adalah bupati Brebes yang terpilih pada pilkada 2012 lalu. Idza menjadi bupati perempuan pertama di Brebes, ia juga saudari perempuan pemilik PO Dewi Sri. Idza dikenal sebagai putri pasangan pengusaha Ismail dan Rokhayah yang memiliki PO Dewi Sri. Idza pun sempat mengelola bisnis bus Dewi Sri yang banyak melayani trayek seputar Brebes, Tegal dan juga Tegal-Jakarta.

4. Danar Rahmanto lahir pada 10 Juli 1965. Dia adalah bupati Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wonogiri sebuah kota kecil tak jauh dari Solo. Danar terpilih dalam pemilihan bupati tahun 2010 untuk masa jabatan 2010 - 2015. Danar Rahmanto dikenal sebagai pengusaha otobus Timbul Jaya.

Warga Wonogiri dikenal banyak yang merantau ke Jakarta sehingga banyak otobus yang melayani trayek Wonogiri-Jakarta. Timbul Jaya dikenal sebagai bus yang banyak melayani rute Wonogiri-Jakarta sekaligus menambah popularitas Danar. Uniknya, pada saat pilkada, Danar bersaing dengan sesama pengusaha bus, yaitu Sumaryoto yang dikenal sebagai pemilik PO Gajah Mungkur.

5. Budi Budiman memenangkan pemilihan wali kota Tasikmalaya dengan mengalahkan pesaing incumbent Syarif Hidayat-Cecep Bagja Gunawan. Budi Budiman diketahui sebagai pengusaha Group Mayasari. Dia juga dikenal sebagai pemilik PO Bus Doa Ibu dan beberapa anak perusahaan grup Mayasari di Tasikmalaya seperti mal dan showroom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4810 seconds (0.1#10.140)