Mendagri Ingatkan Investasi Sawit di Daerah Harus Bermanfaat untuk Rakyat

Minggu, 17 Juli 2022 - 10:01 WIB
loading...
Mendagri Ingatkan Investasi Sawit di Daerah Harus Bermanfaat untuk Rakyat
Pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia memerlukan kolaborasi yang baik dari semua pihak, termasuk di tingkat daerah. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia memerlukan kolaborasi yang baik dari semua pihak, termasuk di tingkat daerah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah dan kepala desa bekerja sama memanfaatkan industri kelapa sawit untuk kepentingan rakyat.

Hal itu disampaikan Mendagri saat membuka acara “Orientasi Pembangunan Desa Berkelanjutan” di ABC International Stadium Ancol Jakarta, Sabtu (16/7).



Tito mengingatkan, Indonesia merupakan pemain dominan dalam industri kelapa sawit di dunia. Kelapa sawit tidak hanya memberikan pemasukan untuk pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan memberi manfaat besar lainnya bagi rakyat.

“Oleh karena itu, peran daripada kepala desa dan peran para bupati juga harus disertakan dalam tata kelola untuk industri perkebunan kelapa sawit yang menjadi primadona Indonesia ini,” ujarnya, dikutip Minggu (17/7/2022).

Mendagri sangat mendukung visi untuk mempertahankan Indonesia sebagai penghasil minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia dengan tetap memperhatikan lingkungan yang berkelanjutan atau bersahabat dengan lingkungan.

Menurut dia, salah satu isu penting di tengah pandemi Covid-19 yaitu masalah lingkungan, seperti perubahan iklim dan pemanasan global. Jika tidak dikelola dengan baik, akan menjadi bencana yang melebihi Covid-19.

Oleh karena itu, perlu upaya untuk menjaga lingkungan termasuk mengelola hutan agar tidak terjadi penebangan secara berlebihan karena kelapa sawit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)