JK dukung penuh pelaksanaan UU Minerba

Senin, 27 Januari 2014 - 14:15 WIB
JK dukung penuh pelaksanaan UU Minerba
JK dukung penuh pelaksanaan UU Minerba
A A A
Sindonews.com - Keputusan pemerintah memberlakukan UU Minerba No 4/2009 dapat pujian dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menilai, pemberlakuan UU tersebut merupakan hal yang harus dilakukan agar Indonesia menapak lebih maju.

Dia mengaku mendukung penuh pelaksanaan regulasi ini yang ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah bagi komoditas mentah asal Indonesia yang seringkali diolah tanpa peningkatan nilai tambah sebelumnya.

"Smelter atau pemurnian atau apapun namanya harus kita dukung," kata JK, sapaan akrab Jusuf Kalla di Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin (27/1/2014).

JK mengakui, akibat pelaksanaan peraturan ini, maka negara akan mengalami kehilangan pendapatan selama tiga tahun. Namun setelahnya Indonesia akan menikmati penerimaan lebih besar hingga dua kali lipat. "Pada tahun keempat pendapatannya akan meningkat dua kali lipat," imbuhnya.

Selain itu, JK melihat positif pelaksanaan aturan ini sebagai langkah untuk menyelamatkan kelestarian lingkungan karena seperti diketahui banyak kegiatan pertambangan mineral merusak lingkungan.

"Yang dilakukan sekarang merusak lingkungan luar biasa dengan sedikit memberi untuk rakyat. Jadi dengan UU Minerba kita tidak akan seperti itu," pungkas JK.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4182 seconds (0.1#10.140)