Harga Tiket Pesawat Garuda Mahal, Erick Thohir Punya 3 Jurus Bikin Lebih Murah

Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:25 WIB
loading...
A A A
Tambah Jumlah Pesawat

Pemerintah menargetkan jumlah pesawat yang dimiliki Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia hingga akhir 2022 mencapai 120 armada. Penambahan pesawat perlu dilakukan lantaran kedua maskapai penerbangan pelat merah itu hanya mengoperasikan 61 armada saja.

"Di mana sekarang Garuda dan Citilink jumlah (pesawat) hanya 61. Di akhir tahun akan mencapai 120 (pesawat)," ujar Erick.

Menurutnya, dengan bertambahnya jumlah pesawat, maka terjadi keseimbangan. Khususnya di daerah dengan jumlah penerbangan masih minim atau belum maksimal.

Harga Sewa Pesawat Sesuai Harga Pasar

Pemerintah juga memastikan harga sewa pesawat yang dilakukan Garuda dan Citilink sesuai harga pasar. Harga sewa pesawat Garuda ke lessor menjadi salah satu faktor komponen utang Garuda Indonesia yang sangat tinggi. Harga sewa pesawat Garuda Indonesia bervariasi mulai dari Rp2,4-18 miliar tergantung jenis pesawat.

Lease aircraft atau sewa pesawat tersebut menjadi salah satu opsi yang paling mungkin bagi Garuda Indonesia, mengingat Garuda Indonesia tidak mampu membeli kontan ke produsen pesawat seperti Boeing dan Airbus.

Sistem sewa pesawat Garuda Indonesia merupakan salah satu penyebab utang maskapai BUMN itu menggunung yang diselesaikan melalui PKPU beberapa waktu lalu.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)