Ini Dampak Resesi untuk Orang yang Masih Punya Cicilan Utang

Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:14 WIB
loading...
Ini Dampak Resesi untuk Orang yang Masih Punya Cicilan Utang
Terdapat sejumlah dampak resesi bagi orang yang masih memiliki cicilan utang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah dampak resesi bagi orang yang masih memiliki cicilan utang . Belakangan, ancaman resesi disinyalir terus membayangi perekonomian global, termasuk Indonesia .

Dikutip dari laman OJK, resesi ekonomi bisa diartikan sebagai keadaan perekonomian suatu negara yang tengah memburuk. Adapun hal tersebut bisa terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pertumbuhan ekonomi rill dengan nilai negatif dua kuartal berturut, hingga meningkatnya pengangguran.

Baca juga : Ribuan Triliun Tangkal Resesi

Dari sekian banyak dampak resesi, beberapa di antaranya adalah melambatnya laju ekonomi yang membuat sektor riil menahan produksinya dan berakibat pada PHK, serta pelemahan daya beli masyarakat.

Selain itu, resesi juga berpotensi memberikan dampak terhadap orang-orang yang masih memiliki cicilan utang, terlebih dengan bunga tinggi.

Berikut dua dampak resesi untuk orang yang masih punya cicilan utang :

1. Suku Bunga Lebih Tinggi

Salah satu dampak resesi yang biasanya terjadi adalah kenaikan suku bunga. Dikutip dari laman Redwood, tekanan inflasi yang membuat suku bunga naik secara bertahap memang tidak bisa dihindari.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa kenaikan suku bunga ini juga akan berdampak pada peningkatan biaya pinjaman yang dirasakan sebuah individu atau kelompok, terlebih bagi mereka yang mengambil utang besar.

Dengan peningkatan suku bunga ini, mereka bisa saja mengalami kesulitan pembayaran atau kondisi paling buruk adalah tidak bisa membayarnya secara berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)