Bertemu Menteri Kanada, Airlangga Bahas Potensi Kerja Sama Perdagangan hingga Edukasi Digital

Rabu, 12 Oktober 2022 - 22:14 WIB
loading...
Bertemu Menteri Kanada, Airlangga Bahas Potensi Kerja Sama Perdagangan hingga Edukasi Digital
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Internasional, UKM dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng di Jakarta, Rabu (12/10/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Perdagangan Internasional, UKM dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan besarnya potensi kerja sama Indonesia dengan Kanada dari sisi investasi dan perdagangan yang belum sepenuhnya direalisasikan.

Menurut dia, Kanada memiliki pasar terbuka sehingga terdapat potensi Indonesia memasuki pasar Amerika Serikat (AS) melalui Kanada.

Airlangga juga menyinggung kerja sama ekonomi dengan Kanada tidak semestinya sebatas pada perdagangan komoditas yang sudah berlangsung selama ini, tetapi harus berorientasi ke masa depan.

Menteri Mary menyatakan bahwa Indonesia – Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) menjadi prioritas utama pemerintah Kanada.

Struktur CEPA akan memudahkan dunia usaha Kanada untuk berinvestasi, melakukan ekspor, dan berusaha di Indonesia.

Saat ini, perundingan ICA-CEPA sudah berjalan 2 putaran dengan baik dan diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu cepat.

Dalam merumuskan ICA-CEPA, Kanada akan lebih fleksibel namun mengharapkan pula agar perjanjian bersifat future looking sehingga dapat menjaga daya saing yang tinggi.

Menurut Mary, untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan ASEAN, Kanada berpandangan kemitraan dengan Indonesia menjadi sangat penting karena besarnya peran strategis Indonesia di ASEAN. Pemerintah Kanada berharap agar Indonesia dapat menjadi entry point Kanada ke ASEAN.

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 4 Negara ASEAN yang Pernah Berutang ke China
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1959 seconds (11.97#12.26)