Antisipasi Banjir, Ganjar Anggarkan Pompa Mobile Disebar ke Sejumlah Daerah

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 12:30 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Ganjar Anggarkan Pompa Mobile Disebar ke Sejumlah Daerah
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menganggarkan pembelian lima buah pompa mobile baru untuk mengantisipasi banjir di sejumlah daerah. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menganggarkan pembelian lima buah pompa mobile baru untuk mengantisipasi banjir di sejumlah daerah. Lima pompa itu disiagakan di titik rawan banjir rob, antara lain Pekalongan, Tegal, Semarang, hingga Kudus.

"Nah ini, kemarin kita baru pengadaan. Ini pompanya. Masih baru jadi skrupnya dipasang sendiri," kata Ganjar usai memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana di halaman kantor Pemprov Jateng, Jumat (14/10/2022).



Ganjar mengatakan, keberadaan pompa mobile ini akan sangat membantu penanganan banjir. Selain itu, kata Ganjar, pompa mobile juga dapat mengatasi dampak domino dari bencana tersebut, seperti lalu lintas. "Peralatan ini kita adakan karena melihat pengalaman sebelumnya. Peralatannya bisa membantu, meskipun masyarakat juga harus disiapkan," ujarnya.

Ia juga memastikan seluruh pintu pompa air dalam kondisi menyala. Ganjar berharap, seluruh petugas pompa memastikan mesin berfungsi maksimal.

Antisipasi Banjir, Ganjar Anggarkan Pompa Mobile Disebar ke Sejumlah Daerah

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jateng, Eko Yunianto menyebut pompa mobile itu memiliki kapasitas 250 liter per jam. “Kita pengadaan lima unit. Sudah disebar ke Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus. Kapasitasnya 250 liter per jam,” tegasnya.



Sebagai informasi, musim penghujan mulai melanda Jateng. Beberapa hari terakhir sejumlah wilayah mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0064 seconds (0.1#10.140)