Luhut: Tak Ada yang Bisa Menduga atau Memprediksi Kondisi Ekonomi Saat Ini

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:36 WIB
loading...
Luhut: Tak Ada yang Bisa Menduga atau Memprediksi Kondisi Ekonomi Saat Ini
Menko Luhut menekankan, kondisi ekonomi global tidak bisa diprediksi ketika perang Rusia Ukraina masih terus berlangsung. Meski begitu Ia mengungkapkan, Indonesia masih beruntung. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menekankan, kondisi ekonomi global tidak bisa diprediksi ketika perang Rusia Ukraina masih terus berlangsung. Meski begitu Ia mengungkapkan, Indonesia masih beruntung karena mampu menjaga ekonomi tetap di jalur positif.

"Tidak ada yang bisa menduga atau memprediksi keadaan ekonomi dalam waktu yang lebih dari tiga bulan saat ini, saya tidak percaya ada orang yang bisa memprediksi ini, terutama soal Ukraina," ujar Luhut dalam sambutannya pada Pembukaan SOE International Conference dan Peluncuran Indonesia Water Fund (IWF) yang disiarkan melalui YouTube Kementerian BUMN RI, Senin (17/10/2022).



Sementara itu Menko Luhut mengaku optimis bahwa inflasi Indonesia akan terjaga di angka 6% hingga akhir tahun 2022. Namun ia menyampaikan, bahwa pemerintah akan tetap berhati-hati di tengah berbagai tantangan global salah satunya konflik yang masih berlangsung di Ukraina yang mendorong harga komoditas pangan dan komoditas lainnya mengalami kenaikan harga.

"Saya kira kita bisa menjaga setelah kenaikan harga BBM. Kita sangat percaya diri bisa menjaga sekitar 6 persen inflasi akhir tahun ini," bebernya.



Menurutnya saat ini kondisi ekonomi Indonesia masih berada dalam kondisi yang dapat terkendali, namun ia meminta seluruh pihak untuk tetap waspada dan tidak jemawa.

"Jadi kita beruntung bahwa kita sampai hari ini ekonomi kita masih cukup terkendali baikpun inflasi, baikpun segala macam, tetapi kita tidak boleh jumawa terhadap ini," pungkas Luhut.

Luhut juga memberikan peringatan bahwa dunia masih dibayang-bayangi oleh potensi perang nuklir. Iamengatakan, ketidakpastian ekonomi global membuat situasi geopolitik menjadi sulit dan memanas sehingga berpotensi mendorong ke arah situasi terburuk.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)