Kok, Sri Mulyani Selalu Pelajari Tantangan APBN di Setiap Era?

Senin, 06 Juli 2020 - 14:46 WIB
loading...
Kok, Sri Mulyani Selalu Pelajari Tantangan APBN di Setiap Era?
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, setiap era atau periode perjalanan bangsa Indonesia sejak kemerdekaan hingga saat ini, mempunyai tantangan ekonomi politik yang berbeda. Kebijakan fiskal atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) disebutnya merupakan esensi yang sangat penting dan hampir identik dengan jatuh bangunnya Republik Indonesia. Oleh karena itu, Menkeu melihat pentingnya merekam kebijakan pada setiap periode dan menjadikannya pembelajaran.

“Peran fiskal itu luar biasa, dan inilah yang kita coba untuk rekam dan coba untuk mengatakan kita setiap periode selalu belajar," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Dia menambahkan, telah menyiapkan semua sendi-sendi pembangunan untuk mendorong ekonomi digital, mulai dari SDM, lingkungan investasi, kebijakan perdagangan, hingga infrastruktur.

"Lagi kami sibuk begitu, tiba-tiba kena shock Covid-19. Ini juga mengubah dan me-reset semuanya," imbuhnya. ( Baca juga: Sri Mulyani Khawatir Ditanya BPK, Soal Apakah Itu? )

Dia pun menceritakan pertama kali ditunjuk sebagai pimpinan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tahun 2005, ketika berbagai undang-undang yang baru dibuat mulai diimplementasikan. Menurutnya, pada periode itu tantangannya luar biasa dan Kemenkeu sebagai suatu institusi yang tidak punya pengalaman tiba-tiba harus melakukan berbagai hal.

“Di sinilah apa yang disebut reformasi. Mungkin yang kami lakukan di Kementerian Keuangan adalah cara membangun kementerian dalam spirit kebijakan fiskal baru yang fondasinya totally different dari masa-masa sebelumnya,” papar Menkeu.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)