Kurangi Pencemaran Laut, Begini Solusi Ramah Lingkungan di Industri Perkapalan

Jum'at, 11 November 2022 - 21:49 WIB
loading...
A A A
“Jadi saya rasa insiatif seperti ini perlu dilakukan supaya industri kita secara keseluruhan bisa kompak agar target ini bisa tercapai. Jadi tantangan paling utama adalah bagaimana kita melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan harapan ini (nol karbon),” tukasnya.

Sugiman menyebutkan, semua pihak harus melakukan banyak inovasi untuk mengurangi emisi di industri pelayaran. Menurut dia, target Indonesia nol emisi pada tahun 2060 bisa tercapai asalkan ada kepedulian dari semua pihak dan terus memantau perkembangan teknologi.



“Jadi yang paling utama sekarang saya lihat adalah bahan bakar, bagaimana kita bisa move away dari menggunakan fuel jadi masalah utama bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh indonesia, apa sih tenaga alternatif yang bisa kita gunakan? Pembahasan banyak, dari amonia, metanol dan lain lain, cuma tepat seperti apa infrastruktur yang ada untuk mendistribusikan bahan bakar seperti apa, mungkin yang paling penting adalah apa yang pemerintah kita akan atur, untuk ‘memaksa’ kita lebih cepat go green,” tuturnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)