Mau Cari Relasi via Internet? Miliki Kecakapan dalam Berinteraksi di Ruang Digital

Jum'at, 18 November 2022 - 17:07 WIB
loading...
A A A
Jawara Internet Sehat Kalimantan Tengah 2022 Ahmad Saputra menambahkan, tantangan bermedia digital saat ini boleh dibilang kompleks.

Apalagi, penetrasi internet di Indonesia terus meningkat dengan pengguna yang mencapai 204,7 juta orang atau setara 73,7 % dari populasi Nusantara.

“Dibutuhkan kecakapan digital, yaitu individu yang cakap bermedia digital yang mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak dalam lanskap digital,” tandasnya.



Sementara itu, Strategic Partnership Manager Good News from Indonesia Selvie Amalia menerangkan, jati diri individu dalam ruang budaya digital tidak berbeda dengan budaya non-digital.

Dia menyontohkan pilihan penggunaan bahasa di ruang digital yang seharusnya tidak berbeda dengan cara berbahasa di ruang sesungguhnya (keseharian). Pemilihan bahasa di manapun ruang digunakan, harus sesuai dengan kaidah yang berlaku.

“Bahasa harus dapat dipahami audiens dan menjadi bagian dari identitas individu. Bahasa yang dipilih menunjukkan karakter penggunanya dan tentu saja bahasa adalah bagian dari identitas budaya Indonesia,” tuturnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)