Menperin Ungkap Pentingnya Investasi di Bidang Green dan Blue Economy

Selasa, 22 November 2022 - 14:25 WIB
loading...
Menperin Ungkap Pentingnya Investasi di Bidang Green dan Blue Economy
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dorong investasi ramah lingkungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) terus berupaya memacu pembangunan industri ramah lingkungan untuk mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Langkah strategis ini dilakukan guna mewujudkan pembangunan industri yang selaras dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.



Sasaran tersebut memerlukan penyelarasan kebijakan perdagangan, investasi, dan industri dengan pencapaian pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan target SDGs, termasuk mempromosikan keseimbangan pertumbuhan industri manufaktur dan pemberdayaan lingkungan. Investasi pada bidang green and blue economy diperlukan untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (22/11/2022).

Agus menjelaskan, saat ini Kemenperin telah menerapkan program industri hijau yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sejalan dengan program Making Indonesia 4.0. Prinsip ini mampu mendukung penciptaan industri yang ramah lingkungan dan berdaya saing di kancah global.

"Melalui upaya penerapan industri hijau juga, sepanjang tahun 2021 kami mencatat telah menghemat energi sebesar Rpp3,2 triliun, dan penghematan air sebesar Rp169 miliar. Pencapaian ini memperkuat komitmen industri untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang," ujar Menperin.

Kesuksesan penerapan program industri hijau di Indonesia akan semakin membuka jalan bagi transformasi menuju pembangunan industri yang berkelanjutan. Pendekatan blue, green, dan circular economy berpotensi menaikkan investasi dan memberikan keuntungan besar yang dalam implementasinya dapat menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi sampah, dan tetap mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Peningkatan industri manufaktur yang berkelanjutan dapat menarik investor yang tepat untuk berinvestasi di dalam negeri. Sehingga perlu dukungan komprehensif melalui pengembangan sustainable financing dari sektor layanan finansial,” kata Agus.

Pemahaman pemerintah dan stakeholders tentang pendanaan berkelanjutan dari sumber pemerintah dan swasta ini sangat diperlukan. Oleh karena itu, Edward Y. Chang, Managing Director The Spectrum Solutions Group (TSSG), mengungkapkan dukungannya terhadap pemerintah dalam melakukan kajian terkait peluang ekonomi biru ini.

“Saat ini kita sedang membantu pemerintah untuk mengkaji potensi financing blue economy di Indonesia”, ujar Edward.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)