Saatnya Merek Lokal Ambil Peran Menghadapi Resesi Global

Kamis, 24 November 2022 - 18:00 WIB
loading...
Saatnya Merek Lokal Ambil Peran Menghadapi Resesi Global
Webinar dengan topik Strategi Berjaya di Negeri Sendiri dan Sukses di Mancanegara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pulih pascapandemi, Indonesia harus menghadapi tantangan ekonomi akibat ancaman resesi global . Dibutuhkan peran semua pihak agar Indonesia mampu menghadapi resesi itu.

Baca juga: Resesi, Jeff Bezos Sarankan Warga AS Tak Membeli TV dan Mobil

Salah satu elemen yang bisa turut menyokong ekonomi domestik adalah merek-merek asli Indonesia. Merek lokal diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarat dan menggerakkan roda ekonomi.

Melalui Indonesia Orginal Brand Awards (IOB) 2022, SWA Group dan Business Digest kembali memberikan penghargaan kepada merek-merek asli Indonesia yang menunjukkan kinerja terbaik di tengah kondisi ekonomi yang semakin menantang. Program IOB ini dilakukan untuk mendorong merek-merek asli Indonesia agar terus berkembang dan meningkatkan daya saing, baik di dalam negeri maupun pasar global.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan lebih dari 5.000 responden yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar dengan 109 kategori produk. Usia responden berkisar 21-40 tahun dengan minimal Pendidikan SLTA.

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada pengguna merek yang pernah digunakan, dengan empat parameter penilaian, yakni kepuasan, loyalitas, advokasi dan daya saing terhadap merek asing.

Dari hasil survei tersebut, bisa dilihat Index IOB meningkat selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2017, Index IOB sebesar 7,26 kemudian meningkat menjadi 8,23 di tahun 2022. Selain itu, dilakukan juga pemeringkatan dari hasil survei dengan predikat Excellent, Very Good, dan Good.

Berikut beberapa penerima penghargaan berpredikat Excellent: Garda Oto, Madu TJ, FreshCare, Emco, Campina, Indocafe Cofffeemix, LM Antam, Untung Bersama Sejahtera (UBS), Mandiri E-Money, Rumah Zakat, Fatigon, Fatigon Spirit, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Imboost. Predikat Very Good antara lain Hotin Cream, GT Radial, Finna, Prodia, Ladaku, Evalube, BAZNAS RI, Federal Oil, dan OBH Combi. Sementara penerima penghargaan dengan predikat Good antara lain Solaria, Kopi Kenangan, dan Mixagrib.

Acara puncak penghargaan “Indonesia Orginal Brand Awards 2022”, sendir dimulai dengan webinar yang bertemakan “Strategi Berjaya di Negeri Sendiri dan Sukses di Mancanegara”. Acara ini menghadirkan pembicara-pembicara di antaranya Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian dilanjutkan oleh Yomie Harlin (Commercial Director PT Wiraswasta Gemilang Indonesia-Evalube Lubricants), Ir. H. Muhamad Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., Ph.D, (pimpinan BAZNAS RI), dan Indriyanti Rafi Sukmawati (Business & Marketing Director PT Prodia Widyahusada Tbk).

Kemal E. Gani, Group Chief SWA, menyampaikan apresiasinya kepada pemenang Indonesia Orginal Brand Awards 2022. Dia berharap pemberian penghargaan ini bisa mendorong merek asli Indonesia untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran, agar produknya tetap relevan.

Baca juga: Viral! TKW Asal Madura Ini Jadi Janda Kaya usai Diceraikan Anak Majikan, Kini Hidup Bergelimang Harta

“Harapannya, merek asli Indonesia ini, bisa menjadi raja di negeri sendiri dan saatnya merambah ke negara-negara lain dengan memberi nilai tambah kepada konsumen di negeri lain,” ujar Kemal dikutip Kamis (24/11/2022).

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1185 seconds (10.55#12.26)