MNC Group (BHIT) Tancap Gas untuk Memenangkan Persaingan

Kamis, 01 Desember 2022 - 08:03 WIB
loading...
MNC Group (BHIT) Tancap Gas untuk Memenangkan Persaingan
PT MNC Asia Holding Tbk berhasil membukukan kinerja positif siap memenangkan persaingan. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT MNC Asia Holding Tbk (Perseroan atau MNC Group atau BHIT) merilis laporan keuangan untuk bulan September 2022. Perseroan berhasil membukukan pendapatan bersih Rp 11.900,3 miliar pada 9M-2022. Pendapatan terbesar diraih dari iklan non-digital sebesar Rp 3.542,1 miliar, diikuti oleh TV berbayar dan broadband sebesar Rp 2.110,8 miliar. Sedangkan, iklan digital terus mendominasi peningkatan pendapatan BHIT, naik 33,4% year-on-year (yoy) pada 9M-2022 menjadi Rp 1.903,5 miliar dibandingkan Rp 1.427,1 miliar pada 9M-2021. Ditambah lagi, sektor jasa keuangan digital melesat 191,1% yoy dari Rp 68,9 miliar pada 9M-2021 menjadi Rp 200,6 miliar pada 9M-2022.

Perseroan mencatatkan EBITDA Rp 4.291,8 miliar, mewakili 36,1% EBITDA margin dan laba bersih sebesar Rp 1.675,4 miliar. Secara kuartalan, Perseroan berhasil membukukan pendapatan bersih Rp 3.580,0 miliar pada kuartal III 2022 yang diperoleh dari kontribusi sektor media sebesar Rp 2.682,0 miliar, sektor jasa keuangan sebesar Rp 666,5 miliar, dan Rp 231,5 miliar dari sektor lainnya. Pendapatan tersebut mendorong Perseroan mencatatkan laba bersih sebanyak Rp 619,4 miliar pada kuartal III 2022 atau meningkat 23,5% dari Rp 501,5 miliar pada kuartal II 2022.

1. Media

Di sektor media, PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) baru-baru ini mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk meminta persetujuan atas rencana penambahan modal melalui penerbitan HMETD dan non-HMETD serta untuk menyetujui perubahan komposisi Dewan Komisaris. Dana hasil dari penambahan modal akan digunakan untuk pembayaran atas
surat sanggup yang diterbitkan oleh PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) untuk pembelian RCTI+, 7 portal berita & umum, dan Vision+; ekspansi bisnis terutama potensi aliansi dan/atau kerja sama dengan pihak ketiga demi meningkatkan cakupan operasional di luar Indonesia; serta modal kerja untuk meningkatkan output konten yang dihasilkan oleh MSIN.

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan tayangan berkualitas di Indonesia, MSIN membangun Movieland, sebuah kompleks studio seluas 21 Ha di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Jabodetabek. Pembangunan Movieland Fase 1 dengan luas sekitar 8 Ha untuk produksi film dan sinetron akan diluncurkan pada 14 Desember 2022. Movieland akan menjadi kompleks studio outdoor dan indoor terbesar dan paling terintegrasi di Indonesia.

Menyediakan fasilitas terbaik dan terlengkap bagi para kreator, mulai dari proses pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, Movieland akan didukung dengan infrastruktur dan peralatan produksi end-toend berstandar internasional, termasuk berbagai backlot dan fasad.

Melanjutkan upaya untuk menciptakan nilai lebih bagi konsumen, anak perusahaan media Perseroan juga berencana menggabungkan OTT superapp-nya, Vision+ dan RCTI+, untuk memaksimalkan sinergi kedua platform tersebut. Nantinya, pengguna hanya memerlukan satu platform untuk menonton semua film, acara televisi, dan berita favorit.

Memperluas jangkauan audiensnya, MSIN melalui PT Esports Star Indonesia (ESI) baru saja meluncurkan mobile game terbarunya, Fight of Legends. Perseroan yakin game ini akan membawa pertumbuhan pendapatan di masa depan, seiring popularitas industri game yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2023, ESI juga berencana untuk merilis Rapid Fire, mobile game dengan genre yang berbeda untuk memenuhi preferensi audiens lainnya.

2. Jasa Keuangan

Perseroan melalui PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) telah mendapatkan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), untuk mengkonsolidasi layanan keuangan berbasis transaksinya di bawah anak perusahaan Perseroan yang baru dibentuk, PT Motion Digital Technology (Motion Digital). Motion Digital dapat melakukan aksi korporasi untuk memperkuat integrasi dan sinergi antara MotionBanking (aplikasi perbankan digital), MotionTrade (aplikasi perdagangan saham dan reksa dana), MotionPay (aplikasi e-money, e-wallet, transfer digital), dan Flash Mobile (payment gateway).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1811 seconds (11.210#12.26)