Profil Jack Ma, Orang Terkaya di China yang Merupakan Pendiri Alibaba

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:52 WIB
loading...
Profil Jack Ma, Orang Terkaya di China yang Merupakan Pendiri Alibaba
Jack Ma merupakan pendiri Alibaba salah satu e-commerce terbesar di China yang tak hanya populer akan kekayaannya, namun juga kisah suksesnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jack Ma merupakan pendiri Alibaba salah satu e-commerce terbesar di China yang tak hanya populer akan kekayaannya, namun juga kisah suksesnya. Jack Ma bukanlah orang yang berasal dari keluarga kaya, bahkan dalam hidupnya kerap kali menemukan kegagalan baik dalam perjalanan pendidikan maupun kariernya.

Dilansir dari Britanica, Jack Ma yang punya nama asli Ma Yun ini lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China.

Baca juga : Akhirnya, Jack Ma Muncul ke Publik

Sejak kecil bos Alibaba ini sudah tertarik dengan Bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa tersebut dia rela menempuh perjalanan 27 km ke pusat kota demi menjadi pemandu wisata bagi turis asing.

Panggilan "Jack" ini juga lahir karena kegiatannya tersebut. Terdapat seorang turis yang menjadi sahabat penanya memanggil Ma Yun dengan panggilan tersebut.

Karena ketertarikannya akan Bahasa Inggris membuat Ma berencana untuk berkuliah di luar negeri. Namun dirinya mengalami banyak kegagalan untuk mencapai mimpi tersebut.

Pada ujian masuk di Hangzhou Teachers College jurusan pendidikan bahasa inggris dia gagal sebanyak dua kali. Tetapi Ma terus mencoba hingga berhasil pada percobaan ketiganya.

Lulus dari universitas tersebut, Jack Ma mencoba untuk melanjutkan pendidikannya di Harvard. Sebanyak 10 kali mendaftar tak ada satupun usahanya yang membuahkan hasil.

Hingga akhirnya dia mencoba untuk bekerja di berbagai tempat. Ma pernah mencoba melamar di perusahaan fast food ternama KFC. Dari 24 pelamar hanya dua puluh tiga saja yang diterima dan satu satunya orang yang ditolak hanyalah dirinya.

Seperti manusia pada umumnya Jack Ma tetap merasa sedih atas segala yang menimpa dirinya. Namun menyerah bukanlah pilihan hidup pria tangguh tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)