Petani di Nganjuk Kembangkan Pertanian Smart Greenhouse

Sabtu, 24 Desember 2022 - 22:00 WIB
loading...
Petani di Nganjuk Kembangkan Pertanian Smart Greenhouse
Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa tahun ini telah menjalankan modernisasi pertanian. Kementan menerapkan program pertanian digital dengan teknologi Screen house atau Smart Green House (SGH).
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa tahun ini telah menjalankan modernisasi pertanian. Kementan menerapkan program pertanian digital dengan teknologi Screen house atau Smart Green House (SGH). Program ini sebagai bagian dari upaya mendorong digitalisasi pertanian dengan tujuan akhir untuk meningkatkan produksi tani.

Pertanian dengan SGH ini menerapkan teknologi digital untuk pengembangan pertanian. Berkat teknologi ini, petani dilindungi dari ancaman gagal panen akibat cuaca yang berubah-ubah. Selain itu, penggunaan pupuk dan air akan semakin terukur.

“Pembangunan pertanian tidak harus merusak alam, tapi dengan pengembangan sains dan teknologi, serta pemanfaatan green house yang dapat menyesuaikan dengan kondisi alam,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/12/2022).

(Baca juga:Petani Bali Diajak Kembangkan Smart Farming)

Pengembangan SGH pada gilirannya akan menghadirkan pertanian smart farming. Nantinya, petani tidak perlu lagi ke lahan pertanian untuk mengontrol tanaman. Kendali perkembangan tanaman pertanian dilakukan melalui smartphone berbasis Android dan laptop yang terhubung internet.

Di dalam struktur rangkaian sistem SGH juga dipasang sejumlah sensor untuk memantau suhu, penggunaan air, dan kebutuhan cahaya. Semuanya diatur melalui sensor yang terhubung ke smartphone maupun laptop.

SGH menjadi salah satu jawaban atas kebutuhan akan pertanian modern yang dicirikan dengan penerapan teknologi dan inovasi. Pertanian modern ini berupa pengembangan dan penciptaan inovasi antisipatif yang berpandangan masa depan.

(Baca juga:Wujudkan Petani Modern, Kementan Gelar Pelatihan Agribisnis Smart Farming)

SGH telah menjangkau sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya yang tengah dalam penggarapan yaitu di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“SGH bertujuan mengelola budidaya panen dan pascapanen agar terkelola dengan baik, dan hasilnya bisa dinikmati oleh semua orang di lingkungan SGH,” ujar Nur Iksan, selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)