KB Bukopin Genjot Terus Pendapatan dan Selesaikan Kredit Bermasalah di 2023

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:10 WIB
loading...
KB Bukopin Genjot Terus Pendapatan dan Selesaikan Kredit Bermasalah di 2023
PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) makin fokus untuk mengurangi jumlah kredit bermasalah. Foto: Doc. KB Bukopin
A A A
JAKARTA - Bersama dengan pemegang saham pengendali baru KB Kookmin Bank, PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) makin fokus untuk mengurangi jumlah kredit bermasalah, serta terus memaksimalkan upaya meningkatkan pendapatan.

KB Bukopin menargetkan untuk bisa melakukan pembenahan kredit bermasalah secepatnya, sehingga pada akhir 2023 rasio NPL Gross (kredit bermasalah) akan bisa diturunkan hingga di bawah 5 persen.

Dengan dukungan penuh perusahaan raksasa keuangan dari Korea KB Financial Group (KBFG) yang hadir sebagai pemegang saham utama melalui KB Kookmin Bank, KB Bukopin akan memanfaatkan kelebihan kekuatan jaringan bisnis KBFG melalui perusahaan-perusahaan Korea untuk mendongkrak pendapatan.

Selain itu, KB Bukopin juga akan mengoptimalkan kelebihannya sebagai bank yang memiliki basis kuat di kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan pendapatan.

Deputy President Director KB Bukopin Robby Mondong menyampaikan, “Pada 2022 sampai dengan 2023, kami fokus pada upaya untuk meningkatkan aset-aset berkualitas tinggi, membersihkan kredit bermasalah, serta membangun kembali kepercayaan pasar sembari terus berupaya meningkatkan pendapatan.”

Hingga kuartal III 2022, KB Bukopin berhasil menurunkan NPL Gross menjadi 8,75% persen dari posisi 10,66 persen year on year (yoy). Perbaikan rasio NPL berhasil diraih antara lain melalui penjualan kredit berkualitas rendah, dimana pada 2022 KB Bukopin telah menjual kredit berkualitas rendah sebesar Rp5,4 trillun.

Dengan demikian, sampai dengan September 2022, total kredit berkualitas rendah yang telah berhasil diselesaikan KB Bukopin lebih dari Rp10 trilliun. Untuk menyelesaikan kredit bermasalah tersebut, KB Bukopin melakukan beberapa cara antara lain seperti melaksanakan penagihan secara intensif melakukan penjualan dan penghapusbukuan.

Selain itu, di sisi pendapatan KB Bukopin berhasil meningkatkan pendapatan bunga bersih dan memperbaiki rasio net interest margin (NIM) atau margin bunga bersih. Hingga kuartal III 2022 KB Bukopin berhasil menurunkan beban bunga 19 persen yoy menjadi Rp1,95 triliun, sehingga pendapatan bunga bersih bisa meningkat 51 persen yoy, dari Rp487,56 miliar menjadi Rp737,63 miliar.

Adapun NIM tercatat 1,4 persen, terus meningkat dari posisi akhir Desember 2021 yang 0,95 persen, dan akhir Desember 2020 yang 0,61 persen.

Perbaikan NIM ini bisa diperoleh dengan cara focus pada penghimpunan dana murah. Selain itu KB Bukopin juga menerima kepercayaan berupa pinjaman berjangka panjang dari IFC (International Finance Corporation) Rp4,3 triliun dan menerbitkan sub loan sebesar Rp3 triliun.

Sebagai bagian dari KBFG yang total asetnya mencapai USD560,1 miliar, KB Kookmin Bank mempunyai daya dukung yang sangat besar untuk mendorong perkembangan dan kemajuan KB Bukopin. Keberadaan dan dukungan permodalan KBFG terhadap KB Bukopin tercermin melalui rencana right issue yang akan dilaksanakan tahun ini.

Rencana KB Financial Group memperbaiki dan memperkuat kinerja KB Bukopin melalui penambahan modal oleh KB Kookmin Bank dengan skema rights issue tersebut telah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 November 2022.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)