Pertumbuhan Ekonomi AS Tercepat dalam Dua Tahun

Minggu, 30 Oktober 2016 - 13:05 WIB
Pertumbuhan Ekonomi AS Tercepat dalam Dua Tahun
Pertumbuhan Ekonomi AS Tercepat dalam Dua Tahun
A A A
NEW YORK - Data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga tahun ini menunjukkan laju tercepat dalam dua tahun. Menurut data yang dirilis Departemen Perdagangan AS, ekonomi terbesar di dunia tersebut tumbuh mencapai 2,9% dalam tiga bulan terakhir hingga September secara tahunan.

Dilansir Reuters, Minggu (30/10/2016) pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam -julukan AS- telah melewati perkiraan sebelumnya, dimana para analis meramalkan pertumbuhan hanya berkisar pada level 2,5%. Kondisi penguatan pertumbuhan ekonomi AS dari perkiraan diyakini akan mendongkrak optimisme bahwa The Fed (Bank Sentral AS) akan menaikkan suku bunga acuan sebelum akhir tahun.

Secara tahunan peningkatan 2,9% setara dengan laju kuartal per kuartal 0,7%, serta banyak dipakai banyak negara untuk menyatakan kesehatan ekonomi mereka. Pada kuartal kedua tahun 2016, ekonomi AS menguat sebesar 1,4%, atau per kuartalan 0,4%.

Belanja konsumen menopang kegiatan ekonomi AS dengan kontribusi sebesar dua-pertiga, namun tumbuh melambat dibandingkan kuartal sebelumnya. Pada periode April hingga Juni, tercatat belanja konsumen meningkat secara tahunan sebesar 4,3%, tapi pada periode Juli hingga September terlihat melambat ke level 2,1%.

Meski begitu penurunan ini diimbangi oleh bertambahnya pengeluaran di bidang usaha untuk memperkuat persediaan setelah kuartal kedua. "Saya rasa tidak akan ditunda oleh Fed untuk menaikkan suku bunga acuan di bulan Desember," ucap Aberdeen Asset Management Lukas Bartholomew.

"Ini menunjukkan bahwa AS berada dalam jalur positif, setelah melewati tahun yang cukup mengecewakan. Kampanye pemilu (AS) mungkin telah menciptakan sebuah ketidakpastian terhadap pertumbuhan ekonomi. Tapi di balik semua itu pasar tenaga kerja membaik seiring dengan inflasi yang merangkak naik," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)