Kemendag Akan Turunkan Harga Bawang Putih Secara Bertahap

Jum'at, 19 April 2019 - 00:13 WIB
Kemendag Akan Turunkan Harga Bawang Putih Secara Bertahap
Kemendag Akan Turunkan Harga Bawang Putih Secara Bertahap
A A A
JAKARTA - Harga bawang putih di tingkat pasaran sedang meninggi. Bila sebelumnya berkisar Rp25.000-Rp35.000 per kilogram, kini melonjak menjadi Rp42.000 per kilogram.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Tjahja Widayanti, mengatakan pihaknya akan menurunkan harga bawang putih secara bertahap. Kata dia, Kemendag mulai hari ini menyatakan telah melakukan penurunan harga bawang putih.

"Harga (bawang putih) ini kan enggak bisa langsung turun. Tapi kita melakukan segera dan secara bertahap. Dan besok akan mengalami penurunan," ujar Tjahja di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Keterangan dia, pihaknya juga telah mempunyai strategi khusus agar kebutuhan bawang putih tercukupi selama puasa dan Lebaran. Apabila harganya belum turun, sudah disiapkan operasi pasar (OP) khusus.

"Kita sudah mulai melakukan OP dari sekarang. Maka itu saya harap tidak usah khawatir, kan ada itu OP. Importir sudah bantu kita, jadi kita jaga untuk masyarakat luas ya," jelasnya.

Dia pun memastikan pasokan bawang putih aman pada saat Lebaran. "Untuk Lebaran, pasokan bawang putih, Insya Allah aman. Dimana untuk harga ecerannya Rp25.000-Rp35.000 per kilogram," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7227 seconds (0.1#10.140)