Menko Perekonomian Harus Fokus Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 15 Oktober 2014 - 15:45 WIB
Menko Perekonomian Harus...
Menko Perekonomian Harus Fokus Pertumbuhan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Handaka Santoso mengatakan, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian RI yang baru harus fokus pada pertumbuhan ekonomi.

"Ini prerogatif ya. Kalau saya melihat, kita saat ini konsentrasinya kepada mengatasi inflasi yang rendah. Itu enggak salah, tapi saya merasa pemerintah juga harus bertanggung jawab pada peningkatan pertumbuhan ekonomi," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Menurutnya, untuk menjaga inflasi dengan suku bunga Bank Indonesia saat ini 7,5%, akhirnya kredit pun menjadi 15%. Hal ini berefek besar pada daya beli masyarakat di ritel.

"Jadi pemerintah hanya berpikir pada penekanan inflasi yang rendah, tapi enggak mikirin efeknya yang besar lagi dari yang lain sampai ke ritel dan lain-lain," ujar dia.

Handaka mengatakan, jika ada sistem perekonomian yang dikekang, maka pertumbuhaan ekonomi RI akan rendah, penjualan rendah, produksi rendah dan puncaknya akan makin tenggelam.

"Ekstrem-nya begini, kalau produksinya makin rendah sampai pabriknya tutup pasti akan problem lebih besar lagi. Indonesia akan dicap sebagai negara yang kesejahteraannya buruk, karena tidak mampu mempekerjakan ribuan orang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)