25 Retail Megashifts

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 09:10 WIB
Foto/dok
Yuswohady

Managing Partner Inventure

#1. “Healthy, Safety, Sustainability” (HSS) Concept Gains Momentum


Ketika konsumen diliputi ketakutan terpapar virus Covid-19, maka higienitas dan keselamatan menjadi prioritas utama mereka dalam membeli dan mengonsumsi barang. Maka kesehatan, keamanan, dan kepedulian lingkungan di dunia ritel akan menjadi kenormalan baru yang bersifat permanen.

Ritel adalah sektor yang berada di posisi “front-end” yang langsung bersentuhan dan berinteraksi dengan konsumen. Karena itu, setiap peritel harus memosisikan dirinya sebagai “responsible brand” yang berkomitmen menjaga keselamatan konsumen dari paparan Covid-19. Di era pandemi, konsep healthy, safety, dan sustainability akan menemukan momentumnya. (Baca: Winning in The New Normal)



#2. Acceleration of E-commerce

Wabah Covid-19 membuat banyak orang berdiam diri di rumah sehingga toko daring menjadi salah satu pilihan untuk berbelanja. Belanja daring pun mulai bergeser dari produk yang sifatnya keinginan (wants) ke produk yang sifatnya adalah kebutuhan (needs).

Karena itu, kami mengatakan Covid-19 telah membuat pola belanja konsumen secara online semakin melebar (widening). Konsumen mulai membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari (daily needs) secara daring seperti groceries. Tak hanya melebar dari hanya pembelian barang non-esensial ke barang esensial, Covid-19 juga memaksa konsumen melakukan pembelian daring lebih besar (deepening).

#3. Boost of Contactless Payment
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More