Pelaku Industri Dalam Negeri Keluhkan Relaksasi Impor Kemendag

Sabtu, 08 Juni 2024 - 10:42 WIB
”Produk lokal tergerus ,apalagi aturan terkait perdagangan digital belum diatur dengan baik. Di pasar kosmetik ini kita sudah bisa melihat sudah muncul brand leader yang bukan dari produk dalam negeri,” terangnya.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) Nandi Herdiaman juga mengungkapkan kekecewaan senada. Walaupun sangat berharap agar Mendag Zulkifli Hasan merevisi Permendag No 8/2024 yang sangat pro impor, namun Nandi pesimistis keinginan itu bisa lekas tercapai.

Dia mengaku heran dengan keputusan Zulkifli Hasan menelurkan Permendag No 8/2024tersebut. Dahulu waktu pandemi Covid-19 dan banjir produk impor, empat menteri telah mengunjungi industri kecil menengah (IKM) garmen dan melihat langsung kondisinya.

"Dari situ sebenarnya para menteri termasuk Mendag sudah paham kondisi IKM garmen banyak yang tutup dan merumahkan karyawan gara-gara impor. Waktu itu pak Mendag sangat antusias mendukung industri dalam negeri, loh kok tiba-tiba Pak Menteri mengeluarkan Permendag No 8/2024, impor dibuka seluas-luasnya, saya heran," tuturnya.

Menurut Nandi, ketika Permendag No 8/2024 diberlakukan, dampaknya langsung instan ke IKM garmen. Para penjual online atau reseller yang selama ini bekerjasama dengan IKM garmen langsung menyetop kerjasamanya, dan mengalihkan pesanannya ke impor.

Dia pun berharap pemerintah konsisten melindungi industri dalam negeri. "Kalau Permendag No 8/2024 tidak bisa diubah, maka siap-siap angka pengangguran di Indonesia akan semakin banyak. Dengan kebijakan tersebut, saya yakin IKM garmen akan mati," sesalnya.

Nandi menyebut kondisi saat ini sangat memprihatinkan. Sebanyak 20% IKM sudah tutup. ”Seandainya Permendag No 8/2024 tidak bisa diubah, saya prediksi 70% IKM garmen akan tutup. IKM garmen babak belur," tuturnya.
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More