6 Negara Arab yang Tertarik Gabung BRICS

Kamis, 08 Agustus 2024 - 14:31 WIB

2. Aljazair



Sejak 2022, Aljazair dilaporkan telah mengisi sebuah lamaran untuk menjadi anggota BRICS. Kabar ini terungkap berdasarkan pernyataan Leila Zerrouki yang saat itu menjadi utusan khusus Kementerian Luar Negeri Aljazair bidang kemitraan luar negeri.

Aljazair telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan kelompok BRICS dan mengajukan permintaan untuk menjadi anggota pemegang saham Bank BRICS dengan jumlah USD1,5 miliar, mengutip Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune seperti dilaporkan Ennahar TV.

Tebboune mengatakan pada akhir kunjungannya ke China bahwa Aljazair telah berusaha bergabung dengan BRICS untuk membuka peluang ekonomi baru. Layanan berita resmi APS Aljazair menyoroti peran China sebagai negara non-Arab pertama yang mengakui pemerintahan sementara Aljazair pada 1958, yang didirikan di tengah perang kemerdekaan yang brutal dari Perancis.

Sejak 2014, Aljazair dan China telah menjadi mitra strategis dan berkomitmen untuk mengembangkan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, energi, ruang angkasa, dan kesehatan.

China juga telah terlibat dalam serangkaian proyek infrastruktur di Aljazair. Ditopang oleh hubungan kedua negara, sepertinya Aljazair menjadi salah satu negara yang sangat intens menawarkan diri buat bergabung ke dalam BRICS.

3. Bahrain



Kelompok BRICS mulai menyebar undangan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 2024 mendatang di Kazan, Rusia. Diberitakan, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengundang Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa, untuk menghadiri pertemuan puncak yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober, mendatang.

Melansir watcher.guru, Bahrain tertarik dengan inisiatif BRICS, dan karena hubungannya dengan Rusia. Kemungkinan Bahrain menjadi kandidat yang akan menerima undangan untuk bergabung dengan aliansi tersebut pada musim gugur ini.

Sebagai informasi Bahrain disebutkan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS pada tahun 2022, tetapi tidak termasuk di antara negara-negara yang secara resmi diundang untuk bergabung dengan blok ekonomi berkembang utama dalam KTT di Johannesburg, Afrika Selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More