Wow! Bisnis Vaksin Dunia Tembus Rp 850 Triliun, Belum Termasuk Vaksin Corona

Rabu, 26 Agustus 2020 - 13:21 WIB
Ekspor Ke 132 Negara

Indonesia sendiri membutuhkan sekitar 350 juta dosis Vakisn Covid 19. Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan, untuk memenuhi kebutuhan vaksin sebanyak itu, pemerintah harus menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 triliun hingga Rp 30 triliun.

Selain vaksin Covid 19, dunia juga masih membutuhkan bermacam vaksin untuk mencegah pandemi dari penyakit yang lain. Misalnya influenza, flu babi (influenza H1N1), hepatitis, tuberculosis, diphtheria, ebola dan meningitis. hingga kini Jenis vaksin-vaksin inilah yang paling banyak dibutuhkan pasar.

Layaknya produk ritel, produk vaksin juga mengenal berbagai katagori. Produk vaksin dibuat bukan hanya berdasarkan jenis penyakit. Dibuat juga berdasarkan usia. Di pasaran dunia ada dua jenis produk vaksin berdasarkan umur, vaksin untuk anak-anak dan untuk orang dewasa.

Data yang disampaikan oleh Zion Market Research yang dipublikasikan oleh Pharmaceutical Processing World, nilai bisnis vaksin untuk orang dewasa pada 2024 akan menjadi USD11,7 miliar dri sebelumnya USD4,4 miliar di tahun 2014. Sementara produk vaksin untuk anak-anak akan meningkat dari USD6,1 miliar di 2014 menjadi USD13,8 miliar di 2024.

Berdasarkan jenis produk vaksin, ada yang berupa recombinant/conjugate/subunit. Lalu ada yang berbentuk inactivated, live attenuated dan juga toxoid. Vaksin dengan bentuk recombinant, saat ini menjadi produk vaksin yang mendominasi pasar dunia. Nilainya mencapai USD 10,82 miliar pada 2019 dan diprediksi akan mencapai USD 25,32 pada 2027 mendatang.

Lalu berdasarkan cara memasukan vaksin ke dalam tubuh manusia juga terdiri dari dua produk. Vaksin yang diberikan secara oral, seperti vaksin polio dan vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh.

Lalu siapa saja perusahaan-perusahaan vakisn di dunia yang jadi pemain besar di pasar ini. Perusahaan vaksin asal Uni Emirat Arab (UEA), G42 Healthcare AI Holding Rsc Ltd, yang menjadi salah satu mitra Indonesia dalam pengadaan vaksin, belum termasuk dalam 10 besar perusahaan vaksin dunia.

Demikian juga dengan tiga perusahaan vaksin asal China yang bekerjasama dengan Indonesia dalam pengadaan vaksin. Yakni Sinovac Biotech Ltd, China National Biotec Group (Sinopharm) dan CanSino, belum masuk dalam deretan perusahaan vaksin yang menguasai pasar dunia.

Baca Juga :Kerja Sama dengan Indonesia, Perusahaan China Uji Klinis Tahap III di UEA
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More