Apakah BRICS Benar-benar Bisa Meruntuhkan Kejayaan Dolar AS?

Minggu, 06 Oktober 2024 - 08:38 WIB
Selain itu, BRICS tidak memiliki landasan politik atau ideologi yang dapat digunakan untuk mengembangkan koordinasi dalam kebijakan-kebijakan ekonomi yang sering diperdebatkan yang diperlukan untuk mempertahankan mata uang bersama. Bahkan, beberapa negara ini memiliki persaingan geopolitik yang mendalam.

Cadangan Devisa yang Terfragmentasi

Tantangan-tantangan yang terkait dengan pengembangan mata uang BRICS tidak meniadakan nilai kebijakan ini. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi BRICS, memburuknya hubungan AS-China, dan perluasan penggunaan sanksi oleh AS, negara-negara yang menginginkan perdagangan dan investasi yang fleksibel lintas negara akan membutuhkan mata uang cadangan yang dapat bersaing atau menggantikan dolar.

Apakah ini mata uang BRICS, mata uang salah satu anggota, atau alternatif lain, kemunculannya sebagai mata uang cadangan akan didasarkan pada permintaan internasional yang didukung oleh transparansi dan kepercayaan. Daripada melihat dolar digantikan oleh mata uang tunggal lebih cenderung melihat fragmentasi cadangan devisa karena perdagangan dan investasi direstrukturisasi untuk mencerminkan dunia yang semakin multipolar.

Permintaan untuk dolar akan tetap kuat, tetapi kepemilikan renminbi, rupee dan mata uang lainnya akan meningkat, bahkan ketika perdagangan dan investasi menghadapi ketidakpastian yang lebih besar dan biaya transaksi yang lebih tinggi.

Dalam mempersiapkan hal ini, negara-negara MENA memiliki kepentingan dalam proses dedolarisasi yang terkelola dan terkoordinasi. Mereka telah mempersiapkan diri untuk fragmentasi yang akan datang dengan memperkuat kepemilikan cadangan alternatif mereka, termasuk renminbi, rupee, dan emas.

Mereka juga telah memprioritaskan kerja sama dengan India dan China untuk menjamin bahwa mata uang mereka dapat ditukarkan, terutama dalam konteks penjualan minyak. Pada saat yang sama, negara-negara MENA memiliki kepentingan untuk melindungi dolar dari guncangan. Hal ini mungkin memerlukan sekutu Amerika di kawasan ini untuk meningkatkan hubungan mereka dengan AS untuk membujuknya agar memfokuskan kebijakan ekonominya untuk menstabilkan dolar daripada mempersenjatainya.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More