7 Penyebab Utama Hiperinflasi di Zimbabwe

Rabu, 23 Oktober 2024 - 10:09 WIB
3. Kondisi Ekonomi Global

Fluktuasi harga komoditas di pasar global juga berdampak pada ekonomi Zimbabwe. Ketika harga komoditas seperti tembaga dan emas turun, pendapatan negara dari ekspor berkurang. Hal ini yang antara lain memaksa pemerintahan Mugabe mencetak lebih banyak uang untuk menutupi kekurangan anggaran.

4. Korupsi dan Ketidakstabilan Politik

Korupsi yang meluas di pemerintahan dan ketidakstabilan politik menyebabkan hilangnya kepercayaan dari investor dan masyarakat. Ketidakpastian politik membuat banyak orang menarik investasi mereka, memperburuk situasi ekonomi.

5. Sanksi Internasional

Zimbabwe menghadapi berbagai sanksi internasional sebagai respons terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan pemilihan yang dianggap tidak adil. Sanksi ini mengurangi akses negara terhadap bantuan dan investasi asing, yang semakin memperburuk kondisi perekonomian.

6. Permintaan Meningkat untuk Barang dan Jasa

Ketika inflasi mulai meningkat, konsumen mulai berusaha membeli barang dan jasa sebelum harga naik lebih lanjut. Permintaan yang meningkat ini, tanpa peningkatan yang sebanding dalam pasokan, menyebabkan harga terus melambung.

7. Masyarakat Enggan Gunakan Mata Uang Lokal

Ketika nilai dolar Zimbabwe jatuh, banyak orang mulai bertransaksi dalam mata uang asing, seperti dolar AS atau rand Afrika Selatan. Hal ini semakin memperlemah mata uang lokal dan memperburuk inflasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More