Mirip Kongo, Lima Daerah di Indonesia Ini Juga Kaya Emas!

Senin, 15 Maret 2021 - 11:52 WIB
3. Dompu

Masih di Nusa Tenggara Barat (NTB), daerah ini juga didapuk menjadi salah satu daerah dengan sumber mineral tertinggi di Indonesia, terbukti dengan langgengnya penambangan emas di provinsi ini. Hingga tahun 2020 tercatat dua perusahaan penambangan besar telah hadir di Nusa Tenggara Barat.

4. Martabe

Tambang emas Martabe merupakan spot emas murni terbesar yang ada di Kawasan Sumatera Utara. Berlokasi di Batang Toru, Sumatera Utara, penambangan sudah dimulai sejak tahun 2008. Hingga saat ini profit yang didapatkan dari penambangan emas Martabe terus meningkat, yaitu mencapai angka 350 ribu ons setiap tahunnya.

4. Pongkor

Pongkor adalah salah satu daerah penghasil emas murni di Pulau Jawa yang terkenal sejak lama. Kegiatan penambangan yang sudah dimulai sejak tahun 1994 di Jawa Barat ini dikelola oleh PT Antam Tambang Tbk. Penambangan Antam di daerah Pongkor akan habis kontrak di tahun 2021. Kendati begitu, pihak Antam menyatakan akan memaksimalkan produksi emas murni dengan target mencapai kapasitas 2 ton setahun.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More