Hujan Cuan Tak Hanya di Kota, MotionBanking x Kredit Pintar Beberkan 5 Ide Bisnis di Desa

Jum'at, 29 April 2022 - 09:21 WIB
Bagi pemilik sawah, jasa penggilingan padi akan sangat membantu proses panen padi. Seperti yang diketahui, padi yang dipanen harus digiling terlebih dahulu untuk selanjutnya disebut sebagai beras.

Jika ingin mencoba jasa penggilingan padi dan biji-bijian lain, Anda bisa menyediakan alat gilingan untuk kemudian disewakan kepada pemilik sawah saat panen. Atau, jika memiliki pegawai, Anda bisa membuka layanan penggilingan padi yang dilakukan oleh pegawai yang berpengalaman melakukan penggilingan biji-bijian.

3. Jasa tour guide di Desa Wisata

Di Indonesia, ada banyak desa yang dikategorikan sebagai desa wisata karena kebudayaan maupun tempat wisata yang dimilikinya. Umumnya, tempat yang tergolong sebagai desa wisata kerap mendapatkan kunjungan turis dari dalam negeri maupun mancanegara.

Untuk memaksimalkan potensi dalam desa wisata, tidak ada salahnya jika Anda membuka jasa tour guide sebagai usaha sampingan di desa.

Untuk memulainya, Anda bisa memberikan pelatihan pemandu wisata pada warga desa setempat. Selain sebagai sumber pendapatan, ide usaha ini juga bisa memberikan manfaat pada suatu desa wisata untuk memaksimalkan potensi wisata yang dimilikinya.

4. SPBU mini

Bagi warga perkotaan, SPBU sangat mudah ditemukan di berbagai ruas jalan utama. Namun, keadaan tersebut berbanding terbalik dengan masyarakat desa yang umumnya harus pergi ke kota untuk sekadar mengisi bensin.

Keadaan tersebut memberikan peluang usaha sampingan di desa berupa pembukaan kios SPBU mini. Di beberapa desa, usaha ini terbukti menguntungkan karena memudahkan warga desa untuk mengisi bensin di daerah setempat, tanpa harus pergi jauh ke kota.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lahan depan rumah sebagai kios SPBU mini, sehingga tidak perlu menyediakan modal tambahan untuk menyewa lahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More