5 Tips Menggunakan Paylater Secara Bijak Agar Finansial Tetap Sehat

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:51 WIB
Algoritma ini dibuat berdasarkan beragam faktor, seperti tingkat penghasilan user sampai ketepatan waktu membayarnya. Biasanya semakin besar penghasilan Anda, maka akan semakin besar limit yang akan diberikan. Meski begitu, faktor ketepatan waktu dalam membayar juga akan mempengaruhi penambahan limit yang bisa dipergunakan pada layanan paylater.

Namun, perlu Anda ingat bahwa berapa besar limit yang didapatkan dari layanan paylater, sebaiknya pergunakan secara bijak sesuai kemampuan membayar. Sebab, pada dasarnya limit tersebut merupakan hutang yang perlu Anda bayar nantinya. Perlu diingat, jumlah limit paylater bertambah kan tidak seiring dengan jumlah penghasilan yang kamu dapatkan, bukan?

Pelajari Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku

Ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu akan segala syarat dan ketentuan yang terdapat pada layanan paylater pilihan Anda. Beberapa syarat dan ketentuan yang patut Anda cari tahu seperti pilihan tenor cicilan, tingkat suku bunga, serta jumlah denda yang ditetapkan jika telat membayar.

Biasanya, bunga yang harus dibayarkan saat menggunakan paylater cukup bervariasi dan menyesuaikan skema cicilan dan jangka waktunya. Karena itu, sebaiknya skema dan jangka waktu cicilan yang Anda pilih harus disesuaikand dengan kondisi finansialmu.

Jangan Kalap Menggunakannya Karena Promo

Tidak dapat dipungkiri promo dan potongan harga selalu menarik bagi sebagian besar orang. Bahkan, tidak jarang banyak orang yang pada awalnya tidak berencana membeli apa pun akan tergoda membeli sesuatu ketika mendengar kata promo. Hal ini juga seringkali membuat banyak orang kalap dalam berbelanja sehingga uangnya habis. Saat itulah akhirnya mereka menggunakan Paylater.

Karenan itu, sebaiknya Anda lebih bijak dalam melihat barang yang ingin dibeli dan tidak mudah tergoda oleh promo. Perlu diingat, meski promo akan membuat harga barang menjadi lebih murah dan membuat Anda menghemat, hal ini tidak boleh dilakukan tanpa kecermatan. Ada baiknya Anda lebih mampu mengontrol diri dan mencermati promo mana yang sebaiknya dibeli dan yang tidak.

Sebaiknya Hanya Digunakan dalam Keadaan Darurat

Salah satu pemanfaatan paylater yang tepat adalah pada keadaan darurat. Sebab, di kondisi tersebut, kemungkinan besar Anda sudah tidak punya uang lagi, sementara masih banyak hal yang perlu dibayar. Di saat seperti inilah kehadiran paylater menjadi penting dan dibutuhkan. Sebab, paylater menawarkan kemudahan dan kecepatan yang bisa kamu manfaatkan sebagai pinjaman dalam membeli atau membayar sesuatu tanpa harus menunggu gajian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More