7 Negara Penghasil Sorgum Terbesar di Dunia, Hanya Ada 1 di Asia

Senin, 12 September 2022 - 15:22 WIB
Nigeria merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Afrika Barat. Negara ini berbagi perbatasan dengan Niger di utara, Chad di timur laut, Kamerun di timur, dan Benin di barat.

Menurut data Statista, pada periode 2021/2022 Nigeria menjadi negara penghasil sorgum terbesar di kawasan Afrika. Adapun angkanya sendiri mencapai sekitar 6,8 juta metrik ton sorgum.

Selain terbesar di Afrika, besaran tersebut menjadikan Nigeria sebagai produsen sorgum terbesar kedua di dunia, di bawah Amerika Serikat tentunya.

3. Ethiopia

Masih di kawasan Afrika, kali ini ada Ethiopia. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di timur laut, Eritrea di utara, Somalia di timur, Kenya di selatan, serta Sudan di bagian barat lautnya.

Berstatus sebagai salah satu negara terpadat di Afrika, Ethiopia juga dikenal sebagai produsen sorgum yang cukup besar. Pada 2021/2022, negara ini mencatatkan produksi sebesar 5,2 juta metrik ton sorgum.

4. Sudan

Negara penghasil sorgum terbesar berikutnya adalah Sudan. Negara di kawasan Afrika Timur Laut ini berbatasan dengan Chad di barat, Mesir di utara, Ethiopia di tenggara, hingga Libya di barat lautnya.

Dalam daftar produsen sorgum terbesar, Sudan berada di peringkat keempat dengan total produksi mencapai 5 juta metrik ton sorgum pada periode 2021/2022. Angka tersebut terpaut cukup dekat dengan Ethiopia yang berada di atasnya.

Baca juga : Pemerintah Dorong Sorgum Jadi Alternatif Pangan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More