Ungkap Penyebab Bentrok di PT GNI, Presiden Buruh: Sebagian TKA Kalau Nyuruh Pakai Kaki

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:25 WIB
loading...
Ungkap Penyebab Bentrok di PT GNI, Presiden Buruh: Sebagian TKA Kalau Nyuruh Pakai Kaki
Presiden KSPI Said Iqbal mengungkap sejumlah penyebab bentrokan di PT GNI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, salah satu pemicu kericuhan di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) adalah kesenjangan upah antara pekerja lokal dan tenaga kerja asing (TKA). Menurut Said, para pekerja lokal di PT GNI hanya diberikan upah sekitar Rp3,6 juta per bulan, dengan kenaikan kira-kira Rp5 ribu.



"Murah sekali upah di Morowali, tidaknya hanya di PT GNI, di Morowali memang rendah. Ini tidak diperbaiki, karena perusahaan raksasa tetapi upahnya sekitar Rp3,6 juta, kenaikan gaji cuma Rp5 ribu, kan menyakitkan," ujar Said Iqbal saat dihubungi MNC Portal, Jumat (20/1/2023).

Di samping masalah upah, perbedaan budaya ketika TKA berdampingan dengan tenaga kerja lokal juga membuat situasi di PT GNI memanas. Perbedaan budaya itu kerap ditafsirkan sebagai sebuah ketidaksopanan.

"Mereka kalau nyuruh itu suka pakai kaki, sebagian TKA, tidak semua. Mungkin bagi dia biasa, tetapi bagaimana dengan orang Indonesia yang memiliki budaya timur," lanjut Said Iqbal.

Lebih lanjut Said Iqbal melihat PT GNI merupakan perusahaan yang besar untuk ukuran peleburan bijih nikel. Perushaan tersebut hasil dari investasi asal China dengan nilai Rp42,9 triliun.



"Situasi ini diperparah dengan masyarakat yang kurang puas, mereka (masyarakat) sekeliling perushaan itu miskin, akhirnya bercampur," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)