Profil dan Kekayaan Hui Ka Yan, Pengusaha Terkaya di Asia yang Hartanya Menipis

Rabu, 25 Januari 2023 - 13:57 WIB
loading...
Profil dan Kekayaan Hui Ka Yan, Pengusaha Terkaya di Asia yang Hartanya Menipis
Hui Ka Yan merupakan pemilik perusahaan properti asal negara China Evergrande Group. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Hui Ka Yan merupakan pemilik perusahaan properti asal negara China Evergrande Group. Tak heran bila dia telah berhasil menyandang gelar orang terkaya se-Asia sejak September tahun 2017 lalu.

Hui Ka Yan berhasil mengalahkan Bos Tencent Holding, Ma Huateng dengan total kekayaan mencapai USD 42,4 miliar.

Tak sampai disitu, pada tahun 2018 ia juga berhasil membangun 15 taman hiburan terbesar di seluruh dataran China dengan total anggaran mencapai USD 7 miliar. Bangunan tersebut ditargetkan rampung antara tahun 2019-2022.

Baca juga : 5 Pengusaha China Terkaya Versi Forbes, Hartanya Capai Ratusan Triliun Rupiah

Namun pada awal tahun 2023 ini upaya Evergrande Group untuk menjadi perusahaan properti terbesar kini mulai pupus harapan. Perusahaan properti asal China tersebut terancam akan mengalami kebangkrutan.

Dikutip dari situs web fool com, penjualan saham pengembang properti China, China Evergrande Group telah meroket sekitar 61% lebih tinggi. Jumlah tersebut tentu mengakibatkan perusahaan ini berada di ambang kebangkrutan. Apalagi adanya kegagalan Evergrande dalam melakukan pembayaran utang yang mencapai Rp4.000 triliun.

Dari beberapa kejadian tersebut profil Hui Ka Yan sebagai pemilik perusahaan tentu menjadi sorotan publik.

Hui Ka Yan atau yang biasa dikenal dengan Xu Jiayin adalah pria yang lahir pada tanggal 9 Oktober 1958 di Taikang, Zhoukou, Henan, Tiongkok. Saat ini ia menjabat sebagai ketua dewan di perusahaan miliknya yakni Evergrande Group.

Baca juga : Hadapi Pengusaha China, Boy Thohir Mengaku Berguru kepada Luhut

Sebelum menjadi pemilik perusahaan properti, Hui berangkat dari keluarga pedesaan di Taikang Henan, Tiongkok. Ayahnya merupakan seorang pensiunan tentara yang memilih menjadi penjaga gudang di kampungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2585 seconds (11.97#12.26)