Wawancara Wakil Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong: Siap Bertransformasi melalui Next Generation Banking System

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:03 WIB
loading...
A A A
Banyak yang bisa kita pelajari, secara sistem, operasional, maupun program. Terutama kalau saya banyak di bisnis, itu terkait dengan cara mereka berbisnis, kedisiplinan, dan strategi mereka membangun sistem kebersamaan. Kemarin kita bertemu bagian human resources, mereka sangat menekankan loyalitas, disiplin, dan zero fraud. Benar-benar fraud itu tidak ada toleransi sekecil pun. Fraud ini tidak hanya melibatkan uang. Mencuri-curi waktu, bisa jadi tindakan indisipliner. Mereka jelaskan juga.

(Baca juga:Bukopin Resmi Ganti Nama Jadi KB Bukopin)

Kemudian cara mereka menarik talent, benar-benar luar biasa. KB Kookmin Bank, secara survei menjadi pilihan pertama mahasiswa yang baru lulus di Korea. Nah, bagi Bukopin, kita perlu belajar agar bisa mengikuti itu.

Selain itu kita melihat fasilitas. Salah satunya IT yang demikian lengkap dipersiapkan. Mereka antisipasi semuanya. Mungkin kalau kita hanya memikirkan serangan teroris terbatas pada cyber crime saja, mereka mikirnya sudah beda lagi, termasuk serangan dari luar dan lain sebagainya.

Gedung IT data center tidak ada kaca, antigempa, dan fasilitas back up-nya luar biasa, berlapis-lapis. Security system-nya, masuk gedung, bukan hanya di IT Center, sangat luar biasa, ketat. Ini perlu kita ikuti karena bukan hanya tentang keamanan data-data perusahaan, melainkan data customer harus benar-benar kita lindungi. Itu bisa kita ikuti. Demikian pula terkait pengiriman data-data. Mereka jauh lebih ketat.

Apakah semua pelajaran dari KB Kookmin Bank akan diterapkan di KB Bukopin?
Kita nanti dengan NGBS, Next Generation Banking System, akan menerapkan beberapa hal, mungkin bertahap. KB Bukopin relatif baru, dalam arti kata baru mengikuti standar mereka. Kalau mereka kan sudah belasan, puluhan tahun, lebih awal. Tapi ini suatu pengalaman yang luar biasa.

Selain itu mungkin, di luar meeting, di luar fasilitas, know how, ya bagaimana mereka memperlakukan the best sales sangat menarik (pada acara KB Kookmin Bank Strategy Forum 2023 juga diberikan penghargaan kepada para the best sales. Acara ini dikuti 3.500 peserta, karyawan KB Financial Group dari berbagai negara). Para eksekutif datang, memberikan penghargaan kepada para pemenang. Acaranya demikian grand.

Sampai acara selesai, semua eksekutif tidak ada yang pulang. Mereka menjadi orang yang terakhir pulang. Perhatian mereka terhadap global business, bukan hanya Indonesia, melainkan juga Kamboja, Vietnam, sangat baik. Ini sekarang dan future business-nya ya global business. Ini akan jadi future growth.

Apa pesan para eksekutif KBFG dan KB Kookmin Bank?
Mereka bilang, secara umum mengetahui tantangan yang kita hadapi, terutama terkait dengan aset buruk, kredit buruk. Tapi mereka juga mengerti apa-apa yang sudah kita kerjakan. Disiplin kerja, produktivitas kerja, itu juga menjadi perhatian mereka. Walaupun tadi juga disampaikan, secara cost of fund juga sudah turun, secara funding naik. Beberapa policy baru yang diterapkan, terkait policy risk, maupun good corporate governance. Dari sisi efisiensi, cost juga banyak yang berkurang. Masih ada peluang bagi kita untuk lebih kita efisienkan lagi. Intinya, mereka akan bantu, akan guide juga dengan apa yang mereka miliki. Tapi mereka juga minta kita untuk tetap kompak, konsisten dan semangat.

Bagaimana tahapan pengembangan KB Bukopin?
Kita di tahun 2022-2023 ini pembersihan asset. Target kita di 2023 ini PPOP (laba operasional sebelum provisi) positif. Kemudian di 2024, kita profit. Secara segmen mana yang kita masuki, kita mulai dari wholesale atau corporate, baik BUMN, Korean Link maupun swasta. Itu yang akan kita approach. Kedua ke UMKM, supply chain, value chain, baru kita ke ritel. Dari pay rollnya, dari priority banking-nya, dari pemilik, GM- nya, direkturnya dan staf-stafnya, baik itu pabrik atau perkantoran. Kita bangun pondasi next generation banking system, tahun ini selesai kira-kira di bulan 10. Kemudian di 2024 kita semuanya sudah selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3455 seconds (0.1#10.140)