Selain Singapura, Ini Negara-Negara yang Lebih Dulu Mengalami Resesi Akibat Pandemi

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Selain Singapura yang telah memasuki resesi, Thailand punya potensi besar mengikuti jejak Singapura. Sebagai salah satu pusat industri pariwisata di Asia, negeri ini telah mengalami pertumbuhan negatif di empat bulan pertama tahun ini, sebesar 1,8% yoy. Salah satu kekuatan ekonomi Thailand adalah industri pariwisatanya. Sejak awal tahun ini hingga Mei lalu industri pariwisata di negeri ini merosot hingga 75%.

Ekonom pun memprediksi di tahun ini pertumbuhan ekonomi Thailand akan berada di kisaran minus 5 hingga minus 6%. Untuk kuartal II, Negeri Gajah Putih ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif hingga 10%.

Kekuatan ekonomi baru Asia, Filipina, juga mengalami hal yang sama. Setelah mencatatkan pertumbuan 6,7% di kuartal IV 2019, pada kuartal I 2020 anjlok hinga minus 0,2%. Memasuki kuartal II diprediksi Filipina hanya akan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi minus 10% saja,sebagai imbas kebijakan lockdown.

Gubernur Bnk Sentral Filipina Benjamin Diokno mengatakan bahwa produk domestik bruto Filipina kemungkinan akan jatuh dan hanya akan tumbuh 0,2% di tahun ini sebelum bangkit kembali menjadi sekitar 7,7% di 2021.
(eko)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)