Mengenal 5 Pengusaha Sukses Indonesia di Bidang Teknologi Digital

Selasa, 28 Februari 2023 - 18:56 WIB
loading...
Mengenal 5 Pengusaha Sukses Indonesia di Bidang Teknologi Digital
Sedikitnya ada lima pengusaha sukses Indonesia yang bergelut di bidang teknologi digital. Salah satunya William Tanuwijaya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima pengusaha sukses Indonesia yang bergelut di bidang teknologi digital . Tak heran jika mereka menjadi sosok inspiratif di era modern ini.

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memunculkan nama-nama pengusaha besar baru. Berkat mereka juga mulai muncul lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.

Bersaing di pasar teknologi digital Indonesia tidaklah mudah, memerlukan keuletan, kreatifitas, dan selalu dapat beradaptasi dengan teknologi baru supaya dapat terus bertahan.

Baca juga : Berbagi Ilmu Mahalnya Perjalanan Jadi Pengusaha Sukses

Berikut profil singkat lima pengusaha sukses di Indonesia:

1. Nadiem Makarim - Go Jek

Pria yang kini tengah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini merupakan pendiri sekaligus CEO dari Gojek dan Zalora.

Nadiem mulai membangun perusahaan teknologi untuk kebutuhan transportasi tanah air karena melihat para tukang ojek yang seharian menunggu penumpang namun tak kunjung ada.

Dengan niatan membantu, pria yang lahir pada 4 Juli 1984 ini mampu mengangkat derajat para tukang ojek yang dulunya dikenal dengan kelas menengah ke bawah.

Atas jasanya ini kehidupan tukang ojek dapat lebih makmur. Bahkan orang yang sebelumnya bukanlah tukan ojek menginginkan profesi tersebut demi penghidupan.

2. Ferry Unardi - Traveloka

Pria asal Padang yang lahir pada 16 Januari 1988 ini merupakan mantan software engineer di Microsoft. Setelah bekerja selama tiga tahun dia memutuskan untuk mengambil S2 jurusan bisnis di Harvard.

Tak berselang satu semester berkuliah dia mengambil resiko untuk berhenti dan mencoba peruntungan mengembangkan sebuah mesin pencari tiket pesawat yang dapat diakses masyarakat dengan mudah.

Bersama dua sahabatnya, Derianto Kusuma dan Albert Zhang, Ferry akhirnya mendirikan Traveloka pada tahun 2012. Pada saat ini, Traveloka hanya menawarkan layanan pencari dan pembanding harga tiket pesawat.

Baca juga : Mengenal Kunci Jadi Pengusaha Sukses: Jaga Integritas, Kepercayaan dan Jaringan

3. Natali Ardianto - Tiket .com

Lulusan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Indonesia ini merupakan pendiri dari aplikasi Tiket .com. Sebelum mendirikan aplikasi tersebut, Natali sempat mendirikan dua startup lain yakni Urbanesia dan Golfnesia.

Sayangnya perjalanan dua startup tersebut tidaklah mulus. Dari pengalamannya, dia belajar dari kesalahan dan membentuk Tiket .com yang sukses saat ini.

4. Achmad Zaky - Bukalapak

Pria kelahiran 24 Agustus 1986 ini terinspirasi untuk menciptakan sebuah software yang berguna untuk jadi tempat dan bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil.

Melihat fenomena itu, dia bersama temannya yaitu Nugroho Herucahyono yang kini menjabat sebagai CTO bukalapak, membangun software tersebut. Bermodalkan uang 90 ribu untuk membeli domain, akhirnya proyek itu pun diluncurkan ke publik pada 10 Januari 2010.

Kini perkembangan Bukalapak pun sangat pesat, lebih dari 10.000 pedagang yang bergabung di Bukalapak sehingga mengundang para investor untuk menanamkan modalnya di Bukalapak seperti 500 Startups, Green van Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk.

5. William Tanuwijaya - Tokopedia

Siapa yang menyangka bila pendiri Tokopedia ini sebelumnya merupakan mahasiswa yang sempat jadi penjaga warnet dari jam 9 malam hingga 9 pagi untuk mendapat uang tambahan ketika berkuliah di BINUS.

Setelah lulus pria kelahiran 18 November 1981 ini pun bekerja di bidang pengembangan software komputer. Saat itu terbesit dipikirannya bagaimana agar bisa mendirikan perusahaan sendiri seperti mimpinya yang ingin mendirikan perusahaan internet sendiri.

Inspirasi mendirikan startup ini didapat ketika menjadi moderator dalam forum online kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli. Kemudian pada tahun 2007 dia mulai membangun Tokopedia bersama dengan Leontinus Alpha Edison. Sebuah situs gratis yang menghubungkan antara penjual dan pembeli.

Kini Tokopedia juga telah mendapatkan suntikan dana dari berbagai investor seperti East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)