Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja, Ini Strategi Sandiaga Uno Genjot Pariwisata di Tengah Resesi Global

Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:55 WIB
loading...
Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja, Ini Strategi Sandiaga Uno Genjot Pariwisata di Tengah Resesi Global
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Poltekpar Makassar, Jalan Gunung Rinjani, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Foto/Dok
A A A
MAKASSAR - Ancaman resesi global yang diprediksi terjadi pada tahun 2023 menjadi tantangan tersendiri dalam memacu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional. Namun lewat adaptasi, inovasi dan kolaborasi, sektor parekraf dapat bangkit dan target penciptaan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta optimis tercapai.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Poltekpar Makassar, Jalan Gunung Rinjani, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (3/3/2023).



Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya terus mengamati tren kunjungan wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara sejak awal tahun 2023. Berdasarkan data terhimpun, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Satu di antaranya terlihat dari sejumlah event yang digelar pada awal tahun, seperti F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. Jumlah kunjungan wisatawan yang semula diproyeksi sebanyak 25.000 orang penonton justru melonjak hingga 37.000 orang penonton.

"Jadi ini yang menunjukkan optimisme kita, bahwa memang pariwisata mengalami tantangan, karena situasi ekonomi global, tapi Indonesia masih bertumbuh dan kami yakin 2024 kita akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru," ungkap Sandiaga Uno bersemangat.



Merujuk tren positif tersebut, penyiapan SDM berkualitas diungkapkan Sandiaga Uno sangat penting. Oleh karena itu, kehadiran Poltekpar Makassar sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM, sehingga program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu dapat dihadirkan kepada masyarakat.

"Poltekpar Makassar ini mencetak SDM yang berkualitas dan kompetensinya itu bisa tersertifikasi. Itu harapan utama," ungkap Sandiaga Uno.

"Kedua, tentunya adalah lapangan kerja. Karena mereka ini lulus sudah terserap industri, tapi ada juga yang mau membuka usaha sendiri dengan menjadi enterpreneur," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)