Pinjol Bisa jadi Solusi atau Tragedi? Cermati Hal Berikut sebelum Meminjam

Kamis, 09 Maret 2023 - 17:23 WIB
loading...
A A A
“Tentunya hindari berhutang, namun jika terpaksa maka maksimal cicilan adalah 30% dari total pendapatan, serta hindari paylater dan pinjaman online apalagi illegal,” bebernya.



Namun, jika sudah terlanjur terjerat, maka seseorang harus mengatur ulang strategi keuangan. Misalnya, lakukan evaluasi pengeluaran rutin, kurangi pengeluaran dengan berhemat, serta kurangi pengeluaran yang tidak penting.

Tak dimungkiri, meningkatnya pinjol juga sebagai imbas dari pesatnya penggunaan dan akses internet di Indonesia. Menurut laporan We Are Social dan HootSuite, pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 212,9 juta per Januari 2023. Jumlah itu naik tipis 5,2% atau 10 juta dibanding tahun sebelumnya.

Pararel dengan itu, upaya edukasi dan literasi digital harus terus digencarkan. Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)