IKM Menjerit, 150.000 Ton Baju Bekas Impor Ilegal Masuk RI Tiap Tahun

Selasa, 14 Maret 2023 - 12:46 WIB
loading...
IKM Menjerit, 150.000 Ton Baju Bekas Impor Ilegal Masuk RI Tiap Tahun
Pembeli mencoba baju bekas yang dijual di pasar. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Masuknya pakaian bekas impor ke Indonesia dinilai merugikan industri lokal. Meski pemerintah telah dengan tegas melarang, tetap saja masih marak baju bekas yang masuk ke Tanah Air secara ilegal.

Asosiasi Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFi) mencatat sekitar 150.000 ton pakaian bekas impor ilegal masuk ke Indonesia setiap tahunnya. Jumlah itu mewakili 25-30% dari total barang impor ilegal yang masuk ke pasar Tanah Air.

"Pakaian ilegal itu sekitar 25-30% dari yang ilegal itu, artinya sekitar 100.000-150.000 ton pakaian bekas yang masuk ke Indonesia," ungkap Ketua Umum APSyFi, Redma Gita Wirawasta, dalam siaran Market Review di IDX Channel, Selasa (14/3/2023).



Menurut dia, masuknya pakaian bekas impor ilegal sangat mengganggu pasar domestik terutama terhadap industri kecil dan menengah (IKM).

"Yang paling terganggu sebetulnya adalah teman-teman IKM karena kan pakaian bekas ini head to head dengan produk-produk pakaian yang diproduksi oleh teman-teman IKM," tuturnya.



Jika para pelaku IKM terganggu, sambung Redma, dampaknya akan semakin panjang karena para pelaku IKM menggunakan bahan-bahan baku dari dalam negeri. Sehingga, dari sektor hulu hingga hilir bakal terganggu.

"Tentu teman-teman IKM itu membeli bahan bakunya dari industri dalam negeri, kain dalam negeri, benang dalam negeri, Jadi mengganggunya bukan hanya temen-temen IKM tapi terus sampai ke hulu. Bahkan, sampai ke industri petrokimia yang merupakan bahan baku dari serat buatan di Indonesia. Jadi, mengganggunya hulu sampai hilirnya itu sangat terganggu," tukasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)