Berguru Urban Farming Bersama Ninja Xpress, Potensi Usaha Baru dari Rumah

Selasa, 21 Juli 2020 - 21:09 WIB
loading...
A A A
Terlebih, urban farming dapat dilakukan dari rumah dengan alat dan bahan sederhana serta modal yang tidak terlalu besar. Belajar Urban Farming dari Konten YouTube BERGURU Ninja Xpress Ninja Xpress sebagai penyedia layanan logistik yang senantiasa mendukung bisnis UMKM, memahami bahwa masa pandemi ini merupakan saat yang sulit bagi pelaku UMKM. Oleh sebab itu, Ninja Xpress menghadirkan konten Belajar Ragam Usaha Baru (BERGURU) pada channel YouTube Ninjaxpressid.

Berkolaborasi dengan para kreator, konten ini bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi siapa saja untuk memulai usaha dan produktif untuk mencoba hal baru dari rumah. BERGURU juga merupakan bagian dari kampanye #ObsesiUntukNegeri dan program inisiatif Ninja Academy.

Pada episode pertama, Ninja Xpress mengulas urban farming dengan mewawancarai Sita Pujianto, seorang urban farmer yang aktif dalam komunitas Jakarta Berkebun. Ada beberapa pelajaran baru tentang bercocok tanam yang bisa didapat dari Sita dalam video tersebut:

Gunakan media tanam tepat

Sayuran perlu media tanam yang subur. Oleh karena ini tanah saja tidak cukup, padukan dengan sekam bakar dan pupuk agar akar dapat menembus pori-pori tanah serta mendapatkan nutrisi yang cukup. Gunakan pupuk alami seperti pupuk kandang, atau pupuk kompos yang dapat dibuat dari sampah sisa makanan.

Menyiram tanaman dapat dilakukan kapan saja

Pagi hari identik sebagai waktu terbaik untuk menyiram tanaman. Tapi ternyata hal ini dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, sore, ataupun malam hari. Yang terpenting menyiram tanaman harus dilakukan rutin tiap hari. Dengan demikian, urban farmer pemula tak perlu pusing untuk menyisihkan waktu merawat tanaman di tengah kesibukan.

Lebih menghargai makanan

Selain untuk dikonsumsi atau dijual kembali, melalui urban farming kita memiliki kesempatan untuk back to nature. Kehidupan kota yang serba instan mungkin membuat banyak orang asal dan proses yang harus dilalui sayur, buah dan makanan lain untuk sampai dan terhidang di meja makan kita. Ketika urban farming dilakukan dengan sepenuh hati, secara tidak langsung kita dapat lebih menghargai makanan.

Bagi siapapun yang ingin memulai bisnis dari rumah, jangan ragu untuk mencoba berinovasi dan terus mempelajari peluang usaha baru. Ninja Xpress mendukung lahirnya UMKM untuk tumbuh dan berkembang melalui kampanye #ObsesiUntukNegeri. Inspirasi dan pengetahuan baru dihadirkan Ninja Xpress melalui konten YouTube BERGURU yang tayang setiap minggu, pelatihan (OASIS Online) dan creative hub Ninja Academy.

Ninja Xpress percaya bahwa kolaborasi bersama para pelaku UMKM dan kreator akan membawa dampak positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Eksplorasi dan eksekusi ide bisnismu sekarang!
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)