Janet Yellen Teriak Soal Ancaman Bencana Ekonomi dan Keuangan yang Membayangi AS

Rabu, 10 Mei 2023 - 06:43 WIB
loading...
Janet Yellen Teriak Soal Ancaman Bencana Ekonomi dan Keuangan yang Membayangi AS
Menteri Keuangan AS Janet Yellen kembali memperingatkan, kegagalan untuk menaikkan plafon utang Amerika Serikat dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Menteri Keuangan AS ( Amerika Serikat ) Janet Yellen kembali memperingatkan, kegagalan untuk menaikkan plafon utang AS dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan. Tanpa kesepakatan untuk meningkatkan apa yang dapat dipinjam pemerintah federal, maka AS bisa kehabisan uang pada awal Juni.

Pada saat itu pemerintah federal mungkin tidak dapat melakukan pembayaran upah, kesejahteraan dan pembayaran lainnya.

"Adalah tugas Kongres untuk melakukan ini. Jika mereka gagal melakukannya, kita akan mengalami bencana ekonomi dan keuangan yang akan kita buat sendiri," katanya.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Yellen mengatakan negosiasi plafon utang seharusnya tidak terjadi "dengan pistol ke kepala rakyat Amerika."



Tapi waktu hampir habis untuk mencapai kesepakatan. Pada hari Selasa pekan lalu, Presiden Biden akan bertemu dengan para pemimpin Republik untuk meminta persetujuan mereka menaikkan batas USD31,4 triliun saat ini.

Kongres biasanya mengaitkan persetujuan plafon utang yang lebih tinggi dengan ketentuan tentang langkah-langkah anggaran dan pengeluaran. Bulan lalu Dewan meloloskan RUU untuk menaikkan plafon, saat ini kira-kira sama dengan 120% dari output ekonomi tahunan negara itu, tetapi termasuk dalam RUU pemotongan pengeluaran selama dekade berikutnya.

Presiden Joe Biden ingin Kongres setuju untuk menaikkan plafon utang, tanpa syarat. Presiden Joe Biden mengatakan, dia tidak akan bernegosiasi mengenai kenaikan tersebut dan akan membahas pemotongan anggaran setelah masalah tersebut diselesaikan.

Kegagalan untuk menemukan kesepakatan lintas partai mengenai masalah ini dapat mengakibatkan "krisis konstitusional," kata Yellen.

Sementara itu Pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan apakah ada ruang dalam konstitusi bagi presiden untuk terus mengeluarkan utang baru tanpa persetujuan Kongres. Tetapi minggu ini mereka akan berusaha untuk menghindari skenario itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)