Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia, Benarkah China?

Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Sejumlah perusahaan Jepang yang terkenal telah berinvestasi di Indonesia terutama di industri otomotif dan elektronik. Selain itu, Jepang juga aktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui kerja sama bilateral.

3. Singapura

Singapura telah lama menjadi mitra dagang dan investor utama Indonesia. Sebagai negara dengan sektor keuangan yang kuat, banyak perusahaan dan investor Singapura yang tertarik dengan potensi pasar Indonesia.

Menurut data dari BKPM, pada kuartal I 2023, nilai investasi asing langsung dari Singapura mencapai USD4,3 miliar. Investasi Singapura di Indonesia mencakup sektor perbankan, properti, perdagangan, dan jasa keuangan.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) juga termasuk dalam daftar negara yang berinvestasi di Indonesia. Perusahaan-perusahaan AS telah berinvestasi di berbagai sektor di Indonesia, termasuk energi, manufaktur, dan teknologi informasi.

Data BKPM menunjukkan pada kuartal I 2023, nilai investasi langsung dari AS mencapai USD0,8 miliar. Selain itu, pemerintah AS juga mendukung investasi di Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif.

5. Hong Kong

Hong Kong menjadi salah satu negara terbesar yang melakukan investasi di Indonesia. Investasi Hong Kong di Indonesia mencapai USD1,5 miliar di kuartal I 2023. Peningkatan investasi Hong Kong terlihat mulai 2019 dengan nilai mencapai USD2,9 miliar, naik 45% dari tahun sebelumnya.

Pada 2020, investasi Hong Kong meningkat menjadi USD3,5 miliar berlanjut sampai 2021. Perusahaan-perusahaan Hong Kong banyak berinvestasi di sektor teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)