Era Panjang Dominasi Dolar AS Segera Berakhir, Bankir Rusia: Waktunya China

Selasa, 13 Juni 2023 - 09:56 WIB
loading...
Era Panjang Dominasi Dolar AS Segera Berakhir, Bankir Rusia: Waktunya China
Hegemoni dolar Amerika Serikat (USD) ditantang oleh kebangkitan yuan China di tengah upaya Washington yang gagal menghancurkan ekonomi Rusia melalui greenback. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Hegemoni dolar Amerika Serikat (USD) ditantang oleh kebangkitan yuan China di tengah upaya Washington yang gagal menghancurkan ekonomi Rusia melalui greenback. Hal ini diungkapkan oleh Kepala VTB Bank Rusia, Andrey Kostin seperti dikutip dari RT.



Ia juga menambahkan, kenaikan yuan China tidak terhindarkan. Menurutnya dalam kondisi geopolitik saat ini, semakin banyak negara yang bergeser dalam penggunaan dolar dan euro di perdagangan. Sedangkan China bergerak menuju untuk menghilangkan ketergantungan terhadap dolar AS.

"Era panjang dominasi dolar Amerika akan segera berakhir," kata Kostin, dalam sebuah wawancara dengan kantor berita.

"Saya pikir waktunya telah tiba ketika China secara bertahap akan menghapus pembatasan mata uang," bebernya.



Menurut Kostin, VTB telah membahas penggunaan mata uang nasional China dalam penyelesaian perdagangan dengan negara ketiga.

"China memahami bahwa mereka tidak akan menjadi kekuatan ekonomi dunia nomor satu jika mereka menyimpan yuan mereka sebagai mata uang yang tidak dapat dikonversi," jelasnya.

Sembungnya, diterangkan juga olehnya bahwa akan berbahaya bagi China untuk menyimpan cadangan yang diinvestasikan dalam Treasury AS.

Dolar AS telah menikmati statusnya sebagai mata uang cadangan dunia selama lebih dari satu abad setelah berhasil menundukkan pound sterling Inggris. Awal bulan ini, analis JPMorgan Chase mengatakan, ekonomi global menunjukkan tanda-tanda munculnya de-dolarisasi, dengan latar belakang meningkatnya upaya ekonomi Asia untuk menantang hegemoni mata uang Amerika.

Status lama greenback sebagai mata uang dominan dunia telah terus terkikis dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya kekhawatiran atas melonjaknya utang AS dan sanksi yang diterapkan secara luas menggunakan mata uang sebagai leverage.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)